Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

PCINU Tiongkok Agendakan Konfercab 14 November 2021

PCINU Tiongkok Agendakan Konfercab 14 November 2021
Personel PCINU Tiongkok saat bersilaturahim dengan Ketum PBNU, KH Said Aqil Siroj di Gedung PBNU Jakarta Pusat, awal November 2021. (Foto: dok istimewa)
Personel PCINU Tiongkok saat bersilaturahim dengan Ketum PBNU, KH Said Aqil Siroj di Gedung PBNU Jakarta Pusat, awal November 2021. (Foto: dok istimewa)

Jakarta, NU Online

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tiongkok akan menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) pada 14 November 2021. Selain langsung dari Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang, Indonesia, kegiatan juga berlangsung secara daring.

 

Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) PCINU Tiongkok, Kaula Fahmi, mengatakan Konfercab bertujuan mengevaluasi kinerja kepengurusan periode 2018-2021 sebagaimana amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi, PCINU Tiongkok

 

"Konfercab ini adalah Konferensi Cabang Istimewa III PCINU Tiongkok yang akan memilih pengurus PCINU Tiongkok yang baru untuk masa khidmah 2021-2023,” kata Kaula Fahmi kepada NU Online, Selasa (9/11/2021).

 

Untuk meramaikan acara Konfercab III PCINU Tiongkok, lanjut dia, PCINU Tiongkok menggandeng beberapa organisasi seperti PPBIC Masjid Agung Jawa Tengah. 

 

Ia menceritakan bahwa Nahdlatul Ulama Tiongkok adalah salah satu organisasi yang didirikan pada 20 Agustus 2017 oleh warga dan mahasiswa Nahdliyin Indonesia di Tiongkok.

 

"NU Tiongkok lahir didasari pertama, semangat untuk mengenalkan nilai-nilai islam moderat, islam Ahlussunah wal Jama'ah (Aswaja), islam yang cinta damai, sekaligus untuk menjaga hubungan baik persahabatan Indonesia dan Tiongkok," ungkapnya.

 

"Kedua, menjaga warga Nahdlatul Ulama di Tiongkok yang mayoritas adalah mahasiswa dari paham radikalisme agama maupun paham radikalisme sekuler,” imbuh Kaula Fahmi.

 

Lahirnya Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Tiongkok ini secara resmi ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan Pengurus Besar Nahdatul Ulama Nomor 185/A.II.04.d/10//2017 tentang Pengesahan PCINU Tiongkok.

 

Dalam empat tahun kiprah PCINU Tiongkok, organisasi ini telah memiliki delapan Majelis Wakil Cabang (MWC), dengan 600-an anggota yang tersebar di seluruh dataran Tiongkok. Sebagaimana NU sebagai organisasi terbesar di Tanah air, NU Tiongkok pun siap menjelma menjadi organisasi keislaman terbesar di kalangan warga dan mahasiswa muslim Indonesia di negara itu.

 

"PCINU Tiongkok juga merupakan satu-satunya organisasi keislaman dari Indonesia yang pernah diundang secara khusus oleh Komite pusat Partai Komunis Tiongkok (PKT) mengikuti forum dialog untuk membahas, memberi komentar, dan masukan terkait persolaan isu-isu Xinjiang bersama dengan lebih dari 300 pemimpin partai politik dan organisasi internasional dari 80 negara," tuturnya.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori
 



Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya