Home Warta Lapsus Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Khutbah Cerpen Ubudiyah Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

PCINU Turki Buka Donasi Bagi Warga Terdampak Gempa Turki

PCINU Turki Buka Donasi Bagi Warga Terdampak Gempa Turki
Penggalangan dana donasi PCINU Turki untuk warga terdampak gempa bumi Turki disalurkan bagi pemenuhan kebutuhan logistik baik makanan-minuman, selimut, hingga jaket bagi korban terdampak.
Penggalangan dana donasi PCINU Turki untuk warga terdampak gempa bumi Turki disalurkan bagi pemenuhan kebutuhan logistik baik makanan-minuman, selimut, hingga jaket bagi korban terdampak.

Jakarta, NU Online

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) membuka donasi untuk warga terdampak gempa berkekuatan 7,8 SR yang mengguncang Turki, Senin (7/2/2023). 


Ketua PCINU Turki, Nazihah, menyatakan banyak warga yang terkena dampak dari gempa ini, termasuk Nahdliyin yang bermukim di Turki. 


Sementara upaya pencarian dan evakuasi korban masih terus berlanjut, Nazilah mengatakan pihaknya menggalangkan donasi bagi warga terdampak melalui PCINU Turki. 


"Untuk meringankan beban korban jiwa, penyaluran yang akan dilakukan oleh  PCINU Turki membuka donasi," tutur dia kepada NU Online, Selasa (7/2/2023). 


Penggalangan dana donasi, lanjutnya, dibuka untuk pemenuhan kebutuhan logistik baik makanan-minuman, selimut, hingga jaket bagi korban terdampak. "Karena di sana hujan salju juga," terangnya. 


Adapun alur donasi, terang Nazihah, yakni melalui transfer ke rekening BNI 1367917818 AN. Nazifatul Ulya Isyatirrodiya (PCINU Turki Gaziantep). 

 

Sementara untuk transfer tujuan Bank Turki, donasi terbaik dapat disalurkan melalui transfer ke rekening TR050001001799882399305001 Ahsanah Nur Amalia, ZIRAAT BANKASI. 


Bagi para penderma, konfrimasi dapat dilakukan ke +90 552 689 84 04 (PCINU Turki). 

 

Mengutip penjelasan Al Jazeera, jumlah korban jiwa akibat gempa bumi tersebut dikonfirmasi mencapai 2.316 kematian, 13.293 luka-luka, sementara 7.340 lainnya telah diungsikan sejauh ini. Gempa dahsyat itu juga menyebabkan ribuan bangunan runtuh.


KBRI Ankara keluarkan imbauan

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara Turki atau Indonesian Embassy Ankara melalui akun Instagram @IndonesiaAnkara mengeluarkan 5 imbauan bagi warga Indonesia yang terdampak gempa tersebut.


Berikut 5 Imbauan KBRI Ankara untuk Warga Indonesia yang terdampak gempa Turki

  1. Mematuhi imbauan otoritas setempat untuk tidak memasuki bangunan yang retak atau rusak parah
  2. Mengikuti apabila terdapat anjuran untuk tinggal sementara di lokasi-lokasi aman yang disediakan oleh otoritas setempat
  3. Memonitor perkembangan gempa yang disampaikan oleh otoritas terkait di Turki, khususnya AFAD (the Disaster and Emergency Management Presidency)
  4. Tidak menyebarkan informasi yang dapat mengakibatkan kepanikan termasuk mengambil gambar baik korban ataupun bangunan rusak parah
  5. Dalam memerlukan bantuan darurat, diimbau untuk segera menghubungi hotline KBRI Ankara di nomor +90 532 135 22 98
 

Getaran awal berkekuatan 7,8 SR di tenggara Turki pada Senin (6/2/2023) pagi diikuti oleh gempa berkekuatan 7,6 SR beberapa jam kemudian di tengah beberapa gempa susulan. 


Turki kerap menjadi bulan-bulanan gempa bumi sebab lokasi Turki yang berada di jalur gempa, utamanya karena adanya dua patahan di Lempeng Anatolia.

 

Kedua patahan itu adalah Patahan Anatolia Utara yang membentang antara Lempeng Anatolia dan Lempeng Eurasia di sebelah utara daratan Turki, dan Patahan Anatolia Timur yang membentang di sepanjang Lempeng Arab hingga bagian tenggara Turki.


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×