Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pengajuan Visa Dibuka 14 Juli, Umrah Dimulai 30 Juli 2022

Pengajuan Visa Dibuka 14 Juli, Umrah Dimulai 30 Juli 2022
Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

Jakarta, NU Online
Tak lama setelah musim ibadah haji 2022 rampung pada 12 Juli 2022, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka ibadah umrah. Pemerintah Arab Saudi membuka kembali pengajuan visa umrah mulai 14 Juli 2022.


Kepastian ini disampaikan Direktur Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin. "Alhamdulillah, saya sudah mendapat konfirmasi bahwa pengajuan visa umrah sudah dibuka per 14 Juli 2022," katanya dikutip dari laman Kemenag, Sabtu (16/7/2022).


Namun menurutnya, musim umrah untuk peziarah dari dalam dan luar kerajaan Saudi baru akan dimulai pada 30 Juli 2022. "Jadi pengajuan visa dibuka dari sekarang. Keberangkatan, mulai akhir bulan," jelasnya.


Di antara persyaratan pengajuan untuk mendapatkan visa menurut Arifin antara lain, jamaah harus sudah menyelesaikan vaksinasi Covid-19 dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksin yang dikeluarkan oleh otoritas resmi negara masing-masing.


Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait syarat pengajuan umrah, bisa dilihat melalui tautan ini tautan ini.


Sebelumnya, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas telah melakukan pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Saudi Arabia, Tawfiq F. Rabiah di Mina, Arab Saudi pada Senin (11/7/2022) untguk membahas kepastian pembukaan kembali umrah.


Dalam pertemuan tersebut, juga dilakukan evaluasi pelaksanaan rangkaian ibadah haji khususnya perjalanan Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Selain itu dibahas juga persiapan untuk pelaksanaan ibadah haji di tahun mendatang. 


Musim haji tahun 2022 ini adalah pembukaan pertama ibadah haji untuk jamaah haji dari luar negeri setelah dua musim ditutup pada 2020 dan 2021. Indonesia dipercaya mendapatkan kuota jamaah paling banyak di antara negara-negara lain yakni 100.051 jamaah disusul Pakistan 81.132 jamaah,  India 79.237 jamaah dan Bangladesh 57.585 jamaah. 


Saat ini sudah mulai masa pertama kepulangan jamaah haji Indonesia dari Saudi yakni 15 Juli-30 Juli 2022. Untuk kepulangan gelombang kedua dimulai 31 Juli-14 Agustus 2022. 


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×