Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

3 Manfaat Padamkan Lampu saat Tidur, Bantu Cegah Kegemukan

3 Manfaat Padamkan Lampu saat Tidur, Bantu Cegah Kegemukan
Ilustrasi lampu padam saat tidur.
Ilustrasi lampu padam saat tidur.

Jakarta, NU Online
Ketika hendak tidur, setiap orang pasti menginginkan kondisi ruangan aman dan nyaman. Beberapa orang merasa nyaman tidur dalam keadaan lampu menyala. Namun, ada juga yang mungkin hanya bisa tertidur lelap jika lampu kamar dimatikan atau gelap.


Dokter dari Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU), dr Citra Fitri Agustina, memaparkan bahwa tidur dalam keadaan lampu menyala menjadi salah satu pemicu obesitas.


“Lampu buatan termasuk sinar gadget, ternyata dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh kemudian berdampak pada peningkatan berat badan,” kata dr Civi, sapaan akrabnya, kepada NU Online, Kamis (1/9/2022).


“Cahaya redup saat tidur di malam hari dapat mengatur ulang ritme fisik, seperti jadwal makan,” kata Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa yang berpraktik di RSU Yarsi Jakarta Pusat ini.


Manfaat tidur gelap, lanjut dia, mampu mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Dalam jurnal Chronobiology International memperlihatkan bahwa orang dengan diabetes mendapatkan paparan cahaya lebih terang selama 4 jam sebelum tidur.


“Cahaya dari sumber lain seperti televisi dan gadget juga sama,” sambung anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia ini.


Dilansir dari National Sleep Foundation, studi terbaru dari Ohio State University mengungkapkan, tidur di ruangan yang terang lebih berisiko mengalami depresi dibandingkan tidur di ruangan yang gelap. Selain itu, gangguan tidur juga berkaitan erat dengan risiko depresi.


Pencahayaan redup di malam hari meningkatkan perubahan fisiologis yang menyebabkan depresi pada manusia. Hal ini dapat terjadi melalui ritme sirkadian yang terganggu atau penekanan melatonin.


Bagi Anda yang tidak terbiasa tidur dalam keadaan gelap, dr Civi membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan.


Pertama, mulai membiasakan dengan mengurangi intensitas cahaya lampu sedikit demi sedikit hingga akhirnya terbiasa tidur dalam kondisi gelap. Kedua, padamkan semua layar sebelum tidur. TV, laptop, komputer, ponsel, tablet, dan lampu baca semuanya harus dipadamkan saat akan tidur.


“Bahkan, cahaya dari smartphone atau ponsel saja bisa mengganggu kualitas tidur karena langsung menyinari mata,” terang dokter jebolan Universitas Indonesia ini.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×