Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

5 Manfaat Pijat untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengatasi Depresi

5 Manfaat Pijat untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengatasi Depresi
Pijatan memang sering dilakukan ketika seseorang kelelahan fisik, seperti pegal-pegal, masuk angin dan lainnya.
Pijatan memang sering dilakukan ketika seseorang kelelahan fisik, seperti pegal-pegal, masuk angin dan lainnya.

Jakarta, NU Online 
Pekerjaan dan rutinitas sehari-hari bisa menjadi penyebab seseorangan mengalami depresi dan memunculkan emosi negatif (amarah). Karena itu, perlu segera ditangani dengan mengatur waktu istirahat yang cukup, konsultasi ke psikolog klinis, bahkan melakukan pijat. 


Pijatan memang sering dilakukan ketika seseorang kelelahan fisik, seperti pegal-pegal, masuk angin dan lainnya. Namun, pijatan ternyata juga bisa membantu merelaksasikan pikiran, yang sedang stres.


“Terapi pijat secara sistematis dan strategis mampu memanipulasi jaringan lunak tubuh manusia untuk menghasilkan keadaan rileks, serta mengurangi masalah seperti rasa sakit, ketidaknyamanan, kecemasan dan kelelahan” kata Terapis Pijat, Christopher Deery, dilansir dari Self, Rabu (5/10/2022). 


Berikut lima manfaat pijat untuk kesehatan, dirangkum NU Online dari laman Self: 


1. Menghilangkan stres dan relaksasi

Deery menjelaskan, meski membutuhkan lebih banyak penelitian untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak terapi pijat mengurangi hormon stres seperti kortisol, tetapi bukti anekdotal menunjukkan bahwa pijat dapat membantu menurunkan stres dan mendorong relaksasi.


2. Meredakan sembelit

“Jika Anda berurusan dengan sembelit atau masalah pencernaan lainnya, pijat perut dapat membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan Anda,” ungkap Derry.


Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di Gastroenterology Nursing menemukan bahwa pijat perut membantu orang yang berurusan dengan sembelit pascaoperasi menggerakkan usus mereka dan merasa sedikit lebih baik.

 

3. Meredakan sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang, atau sakit kepala konsentrasi, bisa terasa seperti ada ikatan ketat yang melilit kepala Anda. 


Laman Mayo Clinic menjelaskan, pijatan dapat meredakan sakit kepala jenis ini. Secara khusus, aktivitas pijat membantu meredakan ketegangan otot di kepala, leher, dan bahu (yang mungkin meringankan gejala sakit kepala).


4. Insomnia 

Seperti yang telah disebutkan di atas, pijat berdampak positif pada stres, dan penurunan tingkat stres dapat membantu mendorong tidur (walaupun ada kebiasaan kegiatan sebelum tidur lainnya — seperti melakukan ritual sebelum tidur dan mengurangi waktu layar sebelum tidur).


5. Meredakan nyeri otot

Sebuah studi meta-analisis 2015 yang diterbitkan dalam Current Review in Musculoskeletal Medicine melaporkan, ketika otot sakit dan meradang, pijatan dapat membantu membawa aliran darah ke area tersebut (dan mendorong pemulihan). 


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×