Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

8 Cara Menjaga Kesehatan saat Cuaca Panas Terik

8 Cara Menjaga Kesehatan saat Cuaca Panas Terik
Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta, NU Online

Cuaca panas yang belakangan ini tengah melanda berbagai wilayah di Indonesia membuat sebagian orang menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas terlalu lama di luar ruangan. Melakukan aktivitas berat di tengah cuaca panas juga bisa memberikan beban lebih pada tubuh.

 

Tak hanya itu, beraktivitas di luar saat cuaca panas rentan memicu berbagai permasalahan kesehatan, utamanya dehidrasi. Untuk itu, penting bagi seseorang menjaga daya tahan tubuh dan memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik supaya terhindar dari gangguan kesehatan.

 

Melansir laman Halodoc, sedikitnya terdapat 8 cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan saat cuaca panas.

 

Pertama, memenuhi kebutuhan cairan. Umumnya, dampak cuaca panas adalah kurangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak. Hal ini tak dapat dibiarkan karena dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi.

 

Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan cairan saat cuaca panas dapat menjaga keseimbangan tubuh tetap terjaga. Selain itu, batasi juga konsumsi minuman berkafein. Hal ini lantaran kandungan tersebut bersifat diuretik yang justru memicu hilangnya cairan tubuh.

 

Kedua, mengonsumsi buah-buahan. Mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Selain itu, kandungan vitamin dalam buah-buahan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Adapun buah-buahan yang bisa dikonsumsi ialah melon, semangka, dan jeruk.

 

Ketiga, menggunakan krim pelembap. Menjaga kesehatan tubuh dari luar juga tak kalah penting. Saat cuaca panas, sangat disarankan untuk menggunakan krim pelembap yang mampu mengunci kelembapan kulit sehingga terhindar dari kering dan iritasi.

 

Keempat, mengenakan pakaian berbahan katun. Katun sangat cocok digunakan dalam kondisi terik. Hal ini karena katun dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak menyimpan panas. Jenis kain ini dapat membantu beraktivitas dengan nyaman saat cuaca terik.

 

Kelima, menggunakan topi maupun payung. Topi maupun payung yang digunakan saat cuaca terik dapat menjaga kulit dari risiko iritasi karena dapat menghalau paparan sinar matahari secara langsung pada kulit.

 

Keenam, membatasi aktivitas luar ruangan. Saat cuaca panas, usahakan untuk tidak terlalu sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

 

Ketujuh, membatasi jumlah mandi. Alih-alih mandi lebih dari jumlah biasanya, seseorang justru tidak dianjurkan untuk terlalu sering mandi saat cuaca panas. Terlalu sering mandi dapat membuat kulit menjadi kering.

 

Kedelapan, menghindari konsumsi alkohol. Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi berat. Terlebih, jika tidak diimbangi dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan sehat. Hal ini justru akan memperparah dehidrasi.

 

Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×