Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Khasiat Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Bikin Awet Muda

Khasiat Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Bikin Awet Muda
Ilustrasi air dingin.
Ilustrasi air dingin.

Jakarta, NU Online
Mandi air dingin kadang dihindari sebagian orang. Apalagi jika sedang berada di lokasi pegunungan yang udaranya bikin menggigil. Namun, siapa sangka ternyata mandi air dingin di pagi hari banyak manfaatnya. Antara lain untuk kesehatan kulit dan awet muda.


Pengurus Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dr Citra Fitri Agustina, mengatakan bahwa mandi air dingin adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan kulit. Air dingin akan mengirimkan sejumlah besar impuls listrik ke otak dan merangsang pelepasan hormon bahagia atau endorfin, yang menghilangkan stres.


“Ketika bahan kimia ini dilepaskan oleh tubuh, tingkat stres kita akan menurun. Sehingga kita terhindar dari sejumlah masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, dan dermatitis,” kata dokter yang karib disapa Civi itu, kepada NU Online, Sabtu (27/8/2022).


Menurut dia, kebiasaan mandi air dingin setiap hari dapat menurunkan tingkat stres seseorang serta membantu kulit tetap awet muda. Sebab, air dingin mampu mengaktifkan sistem syaraf dan tubuh untuk melepaskan hormon dan bahan kimia untuk melawan stres.


“Berbagai masalah kulit itu dipicu oleh tingkat stres yang tinggi. Sementara stres psikologis memiliki dampak langsung pada penuaan kulit dan berdampak negatif pada banyak sistem dalam tubuh,” tuturnya.


Ia sangat menyarankan orang-orang yang mempunyai kulit wajah yang bermasalah untuk lebih rutin mandi dengan air dingin di pagi hari. Karena mandi pagi dapat menyeimbangkan dan mengontrol minyak alami di kulit serta mengurangi sel-sel kulit mati yang bisa menumpuk dan menyebabkan jerawat.


“Kenapa air dingin, air panas bersifat melucuti minyak alami yang menyebabkan kulit kering,” terang Dokter Civi.


Manfaat air dingin juga dijelaskan dalam beberapa penilitian, antara lain, riset dalam jurnal Medical Hypotheses membuktikan bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan neurotransmiter, seperti norepinefrin dan endorfin yang mendorong rasa bahagia.


Dalam British Journal of Sports Medicine disebutkan, mandi air dingin memiliki banyak efek fisiologis pada tubuh seperti meningkatkan denyut jantung, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan laju pernapasan. Semua efek tersebut akan membantu meningkatkan kewaspadaan sekaligus menghilangkan kantuk.


Tak hanya itu, laman Medical Daily menuliskan bahwa air dingin bisa membuat rambut menjadi sehat dan bercahaya karena menutup kutikula.


Hal ini membuat rambut lebih kuat dan mencegah timbulnya kotoran menumpuk di kulit kepala. Selain itu, mandi air dingin pagi hari dapat mencegah kerontokan dan memperlambat munculnya uban.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×