Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Tips Menjaga Kesehatan Hadapi Wabah dan Musim Pancaroba

Tips Menjaga Kesehatan Hadapi Wabah dan Musim Pancaroba
Ilustrasi menjaga kesehatan saat wabah dan musim pancaroba.
Ilustrasi menjaga kesehatan saat wabah dan musim pancaroba.

Jakarta, NU Online 
Menjaga kesehatan di tengah wabah berbagai penyakit penting dijalankan. Apalagi saat pandemi Covid-19 belum reda, muncul varian baru Centaurus dan penyakit Monkeypox atau cacar monyet yang sedang berkembang di seluruh dunia. Terlebih saat ini di beberapa wilayah Indonesia menghadapi musim pancaroba.


Pengurus Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dr Syifa Mustika mengatakan hal tersebut kepada NU Online, Ahad (7/8/2022).


“Sebenarnya paling penting di era pancaroba sekarang ini, perubahan cuaca tidak bersahabat, kadang dingin, sementara siang hari terik, sehingga sangat mutlak bagi diri kita untuk tetap menjaga kesehatan tubuh,” kata dr Syifa.


Sebab itu dibutuhkan berbagai langkah agar badan tetap sehat dan bisa terhindar dari infeksi berbagai virus. Berikut tips memperkuat imun tubuh menurut dr Syifa.


Pertama, menjaga protokol kesehatan. Dikatakan, selama masa pandemi masyarakat diminta tetap menjaga protokol kesehataan (prokes) saat keluar rumah. Salah satunya, tetap memakai masker. Hal itu dinilai dapat memproteksi diri dari serangan penyakit.


“Usahakan tetap pakai masker. Karena, itu untuk proteksi diri kita,” ujar pengurus Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Jawa Timur itu.


Kedua, rajin mencuci tangan. Menjaga kebersihan tangan jadi salah satu perhatian agar tetap sehat. Sebab tangan menjadi salah satu sumber kuman/bakteri karena segala aktivitas Anda bisa menyentuh apa pun.


“Sering mencuci tangan sebelum makan, naik kendaraan umum, atau menyentuh benda yang kira-kira sering disentuh orang banyak,” terang dr Syifa.


Ketiga, konsumsi air putih. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan konsumsi ari putih minimal 8 sampai 12 gelas setiap hari untuk ukuran orang normal. “Nah, kalau misalnya kita lagi rasa kurang vit harus ekstra kita tambah,” jelasnya.


Keempat, tidur yang cukup. Memiliki waktu istirahat yang cukup, yakni sekitar 6 sampai 8 jam per hari dapat membantu memelihara sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. “Tidur yang berkualitas jadi kita bisa merecharger diri kita sendiri,” kata dr Syifa.

Kelima, nutrisi seimbang. Dijelaskan, menghadapi pancaroba dibutuhkan cairan dan nutrisi dari buah-buahan, sayur, serta konsumi vitamin. Boleh konsumsi suplemen tetapi yang natural, yakni konsumsi buah dan sayur. Hal itu sangat disarankan.


Keenam, olahraga. Olahraga adalah salah satu awal agar badan tetap bugar. “Jangan lupa olahraga walaupun kita malas, mager, harus tetap olahraga karena olahraga bisa membantu stamina tubuh,” tutur dr Syifa.


Sementara itu, bagi Anda yang sedang sakit komorbid atau apa pun disarankan banyak istirahat di rumah. Jika mengalami gejala influenza diharapkan isolasi mandiri dan hindari kontak dengan orang-orang yang komorbid.


“Semoga kita lekas sehat dengan istirahat yang cukup dan tidak mudah terpapar oleh virus yang aneh-aneh,” harapnya.


Kontibutor:  Suci Amaliyah
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×