Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Tips Sehat sampai Usia Tua

Tips Sehat sampai Usia Tua
Ilustrasi: Pola makan yang sehat dapat menjaga kesehatan seseorang sampai usia tua.
Ilustrasi: Pola makan yang sehat dapat menjaga kesehatan seseorang sampai usia tua.

Sumenep, NU Online 
Hidup sehat di usia lanjut adalah impian semua orang. Semua itu bisa terjadi jika setiap individu menjaga pola hidup, pola makan dan pola pikir.


Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sumenep, Jawa Timur dr H Slamet Riadi memberikan tips sehat sampai di usia tua. 


Hal yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan 400 gram per 5 porsi sehari, dua per tiga sayur dan sepertiga buah. Selain itu, aktivitas fisik minimal 30 menit per hari atau 150 menit per pekan atau 10.000 langkah kaki per hari. 


"Stop rokok, jangan terpapar asap dan residu rokok. Stop alkohol. Jaga berat badan ideal. Cek berkala tekanan darah, gula darah dan Indeks Masa Tubuh (IMT)," ujarnya saat dikonfirmasi NU Online, Senin (11/10/2022).


Jika diperhatikan secara serius maka tubuh akan sehat sampai usia lanjut dan terhindar dari penyakit, seperti serangan jantung, diabetes millitus, hipertensi dan sebagainya. 


"Dan yang paling utama, kita akan produktif di usia lanjut," ujar dokter muda yang menjabat Ketua LKNU Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gapura itu.


Tak sampai di situ, ia mengimbau masyarakat terutama Nahdliyin agar tidak melakukan beberapa hal yaitu mengkonsumsi minuman bersoda dan manis secara berlebihan, mie instan garam tinggi, gorengan berlebihan, malas bergerak, rokok tembakau atau elektrik, alkohol.


"Jika melakukan hal tersebut, maka berpotensi menimbulkan penyakit-penyakit, di antaranya kencing manis, tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung," tutur pengurus Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Sumenep itu.


dr Slamet menjelaskan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada empat tahapan dalam usia lanjut. Pertama, usia pertengahan (middle age) usia 45-59 tahun. Kedua, lanjut usia (elderly) usia 60-74 tahun. Ketiga, lanjut usia tua (old) usia 75-90 tahun. Keempat, usia sangat tua (very old) yaitu usia di atas 90 tahun.


"Oleh karenanya, Nahdliyin sejak dini mencegah datangnya penyakit. Seumpama berdampak buruk pada tubuh seseorang maka datanglah ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat sesuai kondisinya," pintanya.


Kontributor: Firdausi
Editor: Kendi Setiawan
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×