Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kemnaker Apresiasi Kolaborasi dengan BI Tingkatkan Laporan Keuangan Digital bagi TKM

Kemnaker Apresiasi Kolaborasi dengan BI Tingkatkan Laporan Keuangan Digital bagi TKM
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (Foto: Humas Kemnaker)
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (Foto: Humas Kemnaker)

Jakarta, NU Online

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), sebagai pelaksana dari bidang ketenagakerjaan sangat peka terhadap segala perubahan dan tantangan di bidang ketenagakerjaan yang dihadapi oleh masyarakat. Dengan adanya kepekaan itulah, Kemnaker dapat secara tepat memberikan rekomendasi dan solusi dari segala permasalahan ketenagakerjaan di masyarakat.

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan hal itu ketika memberikan sambutan secara virtual pada acara Kick Off Sinergi Mendorong Akses Keuangan UMKM melalui Pemanfaatan Aplikasi SIAPIK Bank Indonesia, di Jakarta, Senin (7/3/2022).

 

Anwar Sanusi menyampaikan, salah satu langkah yang dilakukan Kemnaker untuk mendukung UMKM melalui pengembangan program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pada sektor informal."Ini dilakukan guna mendorong tenaga kerja agar mampu menciptakan lapangan kerja," ujarnya.

.

Ia menyebut, kegiatan Kick Off ini erat kaitannya untuk memperkuat kerja sama antara Kemnaker dengan Bank Indonesia dalam meningkatkan kapasitas tenaga kerja mandiri, khususnya yang berkaitan dengan pencatatan laporan keuangan secara digital.

 

"Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi adanya kolaborasi antara Kemnaker dengan Bank Indonesia, terutama untuk memberikan kapasitas bagi pelaku usaha yang tergabung dalam TKM agar dapat melakukan pencatatan keuangannya secara digital," ujar Anwar Sanusi. 

 

Pada tahun 2021, ujar Anwar, Kemnaker dan Bank Indonesia telah menjalin kerja sama melalui pelatihan pencatatan keuangan menggunakan aplikasi SIAPIK yang diikuti oleh 800 orang peserta Tenaga Kerja Mandiri (TKM). 

 

Sejalan dengan hal tersebut, kata Anwar Sanusi, pihaknya ingin agar kelanjutan kerja sama ini terus diperluas cakupannya sehingga setiap pelaku TKM dapat menggunakan aplikasi SIAPIK. 

 

"Saya yakin dengan jumlah TKM yang ada saat ini, tentu akan kita dorong untuk dapat memiliki kapasitas literasi digital dalam melakukan pencatatan laporan keuangan dengan baik agar dapat bersaing pada era globalisasi sekarang ini," ujar Anwar Sanusi.


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Ketenagakerjaan Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×