Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Sejarah Penggunaan Aksara Pegon dan Proses Penyebarannya

Sejarah Penggunaan Aksara Pegon dan Proses Penyebarannya
Kitab pegon. (ist)
Kitab pegon. (ist)

Aksara Pegon adalah sesuatu yang tidak asing di Nusantara, apalagi di pesantren-pesantren salaf. Pegon sendiri berasal dari bahasa Jawa pego, yang berarti menyimpang atau serong (karena menyimpang dari literatur Arab maupun Jawa).

 

Disebut juga sebagai aksara gondhil atau gundhul yang berarti tidak berharokat. Kalangan pesantren sering menyebutnya Arab Pegon, sedangkan di kalangan lebih luas disebut Arab Melayu. 

 

Huruf Arab Pegon merupakan huruf arab yang telah mengalami transliterasi dan diberi tanda tertentu, yang digunakan di pesantren untuk memaknai kitab kuning dengan metode bandongan. Guru membaca dan murid menulis. 

 

Contohnya di Pondok Pesantren Al Hikmah, Kedaton, Bandar Lampung, yang menggunakan...

Baca selengkapnya di https://lampung.nu.or.id/pernik/sejarah-penggunaan-aksara-pegon-dan-proses-penyebarannya-HTNpg


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Lampung Lainnya

Terpopuler Lampung

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×