Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

100% Santri API Asri Tegalrejo Sudah Divaksin, Presiden Jokowi: Bisa Jadi Contoh

100% Santri API Asri Tegalrejo Sudah Divaksin, Presiden Jokowi: Bisa Jadi Contoh
Kunjungan Presiden Jokowi ke API Asri Tegalrejo. (Foto: Setkab)
Kunjungan Presiden Jokowi ke API Asri Tegalrejo. (Foto: Setkab)

Jakarta, NU Online
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Asrama Peguruan Islam (API) Asri Syubbanul Wathon, di Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada Rabu (30/03/2022). Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menilai kegiatan di pesantren berlangsung dengan baik, utamanya karena seluruh santri telah divaksin dua kali.


“Seluruh santri Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Asri Syubbanul Wathon, di Tegalrejo, Kabupaten Magelang, telah menerima dua dosis vaksinasi Covid-19. Sebagian bahkan sudah menerima vaksin booster, terutama para guru. Alhamdulillah,” ungkapnya.


“Saat berkunjung ke pesantren ini siang tadi, saya  juga melihat sendiri bahwa kedisiplinan seluruh santri dalam melakukan protokol kesehatan, utamanya mengenakan masker, sudah baik,” imbuhnya dalam unggahan di akun Facebooknya.


Presiden berharap, langkah-langkah kebijakan dan kondisi pesantren yang diasuh oleh KH Yusuf Chudlori ini menjadi inspirasi bagi lembaga-lembaga pendidikan lainnya. “Saya berharap Pondok Pesantren API bisa menjadi contoh bagi sekolah atau pesantren lain,” harapnya.


Sementara itu, Pengasuh Pesantren API, KH Yusuf Chudlori mengatakan bahwa pihaknya juga melakukan sejumlah persiapan untuk kegiatan pada bulan suci Ramadan. Menurutnya, kegiatan di pesantren juga selalu dalam pantauan Rumah Sakit Syubbanul Wathon.


“Iya ini kegiatan Ramadan sudah kita persiapkan. Kalau dulu kita jaga jarak, sekarang sudah mulai bisa agak rapatkan sedikit. Di sini juga dipantau oleh rumah sakit karena pesantren juga punya Rumah Sakit Syubbanul Wathon. Jadi dipantau secara rutin oleh Rumah Sakit Syubbanul Wathon,” ungkapnya.


Pesantren API Asri Syubbanul Wathon Tegalrejo ini merupakan pengembangan dari Pesantren API Tegalrejo induk yang didirikan oleh KH. Chudlori 15 September 1944. Saat ini API Asri telah memiliki lembaga pendidikan formal yakni: SMP Syubbanu Wathon 1 Tegalrejo, SMP Syubbanul Wathon 2 Bandongan, MTs Unggulan Syubbanul Wathon Tegalrejo, SMK Syubbanul Wathon 1 Tegalrejo, SMK Syubbanul Wathon 2 Secang, dan SMA Syubbanul Wathon.


Di Pesantren Tegalrejo ini juga KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang merupakan Presiden RI ke-4, pernah nyantri dan ngaji dengan KH Chudlori.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×