Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

12 Juta Liter Air Zamzam Didistribusikan di Masjidil Haram Selama Musim Haji

12 Juta Liter Air Zamzam Didistribusikan di Masjidil Haram Selama Musim Haji
Pendistribusian air zamzam mencapai 12 juta liter selama musim haji. (Foto: Arab News)
Pendistribusian air zamzam mencapai 12 juta liter selama musim haji. (Foto: Arab News)

Makkah, NU Online

Bagian Kepresidenan untuk urusan Masjidil Haram dan Nabawi mengungkapkan bahwa selama 15 hari puncak ibadah haji, pihaknya telah mendistribusikan sebanyak 12 juta liter air Zamzam di Masjidil Haram.


Abdulrahman Al-Zahrani, yang menangani bagian air Zamzam di Masjidil Haram mengatakan bahwa dari 12 juta liter yang didistribusikan tersebut terdiri dari 990.000 liter dalam bentuk botol berkapasitas 330 mililiter dengan jumlah 3 juta botol. Selebihnya yakni 11 juta liter didistribusikan di 25 ribu kontainer air Zamzam yang masing-masing berkapasitas 40 liter.


Kontainer air Zamzam ini disebar di berbagai sudut dan penjuru Masjidil Haram termasuk di halaman Masjid suci umat Islam sedunia ini. Kontainer yang dilengkapi dengan gelas sekali pakai ini dipantau dan diisi ulang lima kali dalam sehari.


“1.150 petugas mendistribusikan air dalam bentuk botol sedangkan 80 kereta pintar dan robot  pendistribusi air Zamzam juga dikerahkan di sekitar masjid untuk memastikan para jamaah tidak mengalami dehidrasi,” kata Al-Zahrani dikutip dari Arabnews, Rabu (20/7/2022).


Ia menambahkan bahwa semua kereta dan tas yang digunakan untuk membawa air Zamzam secara rutin dicuci dan disterilisasi untuk memastikan standar kesehatan yang telah ditentukan. Protokol sanitasi dan kebersihan juga diterapkan pada pompa air yang diawasi oleh 150 petugas.


Untuk standar keamanan lanjutan, para petugas di laboratorium air Zamzam juga terus memeriksa lebih dari 70 sampel setiap hari. Hal ini dilakukan untuk memastikan air yang dimasukkan ke Masjidil haram benar-benar dapat dikonsumsi secara langsung oleh jamaah.


Al-Zahrani mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi akan terus digunakan dalam pengelolaan dan pendistribusian air Zamzam sesuai dengan rencana besar yang telah ditetapkan oleh presidensi Masjidil Haram pada 2024. Langkah ini juga sesuai dengan visi besar Arab Saudi tahun 2030.


Jumlah air Zamzam yang didistribusikan selama musim haji ini sama dengan jumlah air Zamzam yang disediakan selama bulan Ramadhan. Sehingga total air Zamzam yang sudah didistribusikan dalam tahun ini mencapai 24 juta liter.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×