Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

15 Murid SMP Nuris Jember Lolos Olimpiade Matematika di Singapura

15 Murid SMP Nuris Jember Lolos Olimpiade Matematika di Singapura
Persiapan peserta mengikuti babak final olimpiade matematika di gedung SMP Nuris. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Persiapan peserta mengikuti babak final olimpiade matematika di gedung SMP Nuris. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Jember, NU Online 
Satu lagi kebanggaan laik disematkan kepada murid-murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Islam (Nuris), Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur. Pasalnya sebanyak 15 anak didik sekolah ini, lolos seleksi Internasional Olimpiade Matematika Road to International SMO 2020 (Singapore Mathematical Olympiad).
 
Mereka bakal berlaga di babak final yang akan dilaksanakan di Nasional Univercity Singapore (NUS), bulan Mei hingga Juni 2020 mendatang.
 
Seleksi Internasional Olimpiade Matematika Road to International SMO 2020 tersebut digelar oleh SMP Nuris Jember bekerja sama dengan Institut Turangga Situbondo, September 2019. Seleksi di tahapan itu meliputi  tiga kategori,  yaitu gold award, silver award, dan bronze award participant. Dari tiga kategori itu, 15 siswa SMP Nuris Jember berhasil lolos ke babak final. 
 
Saat ini, 15 murid itu tengah menjalani persiapan dengan mengikuti bimbingan intensif meliputi latihan soal, pembinaan matematika dan Bahasa Inggris di kompleks SMP Nuris Jember. 
 
“Ini tidak gampang karena di Singapura pesaingnya dari mancanegara,” jelas Wakil Kepala Kesiswaan SMP Nuris Jember, Makmun Murod kepada NU Online di sela-sela persiapan mengikuti babak final olimpiade matematika di gedung SMP Nuris, Rabu (19/2).
 
Menurut Makmun, dengan lolosnya ke babak final, mereka nanti dapat  bertanding, mengasah kecakapan sekaligus wawasan untuk megharumkan nama Indonesia di bidang olimpiade matematika. 
 
“Ini sekaligus dapat menambah jaringan, dan membuka peluang internasional bagi peserta untuk lebih mengembangkan diri di bidang matematika,” ungkapnya.
 
Selain berlomba, para peserta babak final juga akan mendapatkan pengalaman tur ke berbagai tempat di Singapura seperti Museum Sains, Nasional Univercity Singapore (NUS), Masjid Sultan, Universal Studio, Merlion Park, KBRI, dan sekolah Indonesia KBRI.
 
“Kami sangat senang, tidak menyangka pertama kali mengikuti ajang SMO 2020 ini siswa SMP Nuris banyak yang lolos ke babak final. Ini tentu suatu kebanggaan,” urai Makmun.
 
Makmun berharap agar lolosnya 15 murid terpilih itu dapat memicu rekan-rekannya untuk lebih giat dalam belajar, dan berlomba guna menjadi yang terbaik.
 
“Kita berharap agar murid-murid yang lain termotivasi untuk berprestasi,” pungkasnya. 
 
 
Pewarta: Aryudi AR 
Editor: Ibnu Nawawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×