Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Bu Nyai Nusantara Gelar Silatnas Ketiga, Berikut Alur Pendaftaran Pesertanya

Bu Nyai Nusantara Gelar Silatnas Ketiga, Berikut Alur Pendaftaran Pesertanya
Poster Siltanas Ketiga Bu Nyai Nusantara
Poster Siltanas Ketiga Bu Nyai Nusantara

Jakarta, NU Online
Silaturahim Nasional (Silatnas) Bu Nyai Nusantara Ketiga akan digelar pada 7-8 November 2022. Menurut rencana kegiatan tersebut akan dilaksanakan di hotel Patrajasa Semarang, Candi Baru, Jl. Sisingamangaraja Wonoketingal Candisari Kota Semarang, Jawa Tengah.


Berdasarkan Term OF Reference (TOR) yang diterima NU Online (2/10/2022) disebutkan bahwa acara tersebut membuka pendaftaran secara umum. Adapun alur pendaftaran adalah

  1. Pendaftar dapat menghubungi koordinator daerahnya masing-masing pada tanggal 5-18 Oktober 2022
  2. Validasi data akan dilaksanakan pada tanggal 19Oktober 2022
  3. Pembayaran secara serentak dilakukan pada tanggal 19-20 Oktober 2022
  4. Pengiriman ID barcode peserta dilakukan pada tanggal 22-23 Oktober 2022.
  5. Info lebih lanjut dapat menghubungi Instagram @silatnas_bunyainusantara3.
 

Daftar koordinator daerah resmi Silatnas Bu Nyai Nusantara adalah

  1. Yogyakarta, Ning Siti Nurunniyah
  2. Jawa Barat, Ning Yenni Ainul Widad
  3. Jawa Timur, Ning Hj Mas Ucik Fatimatuzzahra
  4. Jawa Tengah, Ning Azizah Hajar
  5. Lampung, Nyai Malikhah Sa’adah
  6. Kepulauan Riau, Nyai Rofiatus Sa’adah
  7. Palembang, Nyai Izzah Zein Syukri. 
 

Sesi

Pada acara yang bertema Menyongsong 1 Abad Nahdlatul Ulama: Perempuan Pesantren Bergerak dan Bersinergi Membangun Peradaban Dunia itu akan terdiri dari beberapa sesi acara. Pada halaqah yang pertama akan hadir sebagai keynote spech Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin juga akan hadir sebagai narasumber utama Halaqah Kedua tentang Pesantren dan Ekonomi Kreatif.


Selain keduanya, akan hadir pula beberapa narasumber dari kalangan Bu Nyai seperti Nyai Badriyah Fayumi, Nyai Nur Rofiah, dll. Acara tersebut akan dihadiri oleh para Ibu Nyai dari seluruh Indonesia yang berasal dari unsur Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) serta seluruh Ibu Nyai pengasuh pondok pesantren se-Indonesia.


Silatnas Bu Nyai Nusantara Ketiga digelar sebagai bagian dari program kerja RMI PW NU Jawa Tengah dalam rangka memeriahkan Hari Santri sekaligus menyongsong 1 Abad Nahdlatul Ulama. Kegiatan ini merupakan adopsi gagasan dari Silatnas Bu Nyai Nusantara Pertama di Surabaya yang dilaksanakan oleh RMI PWNU Jawa Timur dan Silatnas Bu Nyai Nusantara Kedua di Lampung.

 

Membangun Silaturahim

Silatnas Bu Nyai Nusantara digelar dengan tujuan untuk membangun silaturahim gagasan sekaligus menunjukkan kiprah Ibu Nyai dalam berbagai ranah perjuangan. Berbagai ranah perjuangan itu antaranya Ibu Nyai sebagai pusat pengaderan intelektual muslim, Ibu Nyai sebagai pencetak sumber daya manusia, Ibu Nyai sebagai bagian penting dalam upaya pemberdayaan pada masyarakat, Ibu Nyai sebagai bagian penting dalam upaya melakukan proses perubahan sosial.


Tujuan lain diselenggarakannya acara tersebut adalah sebagai sarana silaturrahim antarIbu Nyai se-Nusantara untuk membangun sinergitas gerakan perempuan pesantren; merumuskan strategi dalam meneguhkan peran dan eksistensi Ibu Nyai untuk bergerak dan bersinergi dalam isu-isu sosial, ekonomi, keagamaan di tingkat lokal, nasional, maupun internasional; serta merumuskan strategi dalam meneguhkan peran dan eksistensi Ibu Nyai untuk bergerak dan bersinergi dalam membangun peradaban dunia.


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×