Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Cara Sehat Atasi Kolesterol, Hipertensi, & Asam Urat Saat Lebaran

Cara Sehat Atasi Kolesterol, Hipertensi, & Asam Urat Saat Lebaran
Ilustrasi cek kesehatan.
Ilustrasi cek kesehatan.

Jakarta, NU Online
Setelah sebulan berpuasa, Lebaran menjadi salah satu momen penting bagi seluruh kaum Muslimin. Pada momen ini, kita bisa bersua dengan kerabat, teman, maupun kolega serta bermaaf-maafan. Tak hanya itu, biasanya kita juga menikmati menu Lebaran yang menggoda.


Menu tersebut seperti opor ayam, sambal goreng ati ampela, rendang, sayur lodeh, gulai, dan beberapa lagi lainnya. Rerata masakan tersebut mengandung bahan-bahan yang tinggi lemak, semisal santan dan jeroan.


Hati-hati bagi penderita kolesterol, hipertensi, maupun asam urat karena ini akan menyebabkan gejala serius jika dikonsumsi berlebihan.


Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar hidangan yang disantap bersama keluarga tetap sehat. Berikut cara-cara sehat nikmati menu Lebaran dilansir dari Kemenkes, Sabtu (30/4/2022).


Pertama, memperhatikan porsi makanan. Poin penting dalam menikmati hidangan lebaran adalah dengan memperhatikan dan mengatur porsi makan. Konsumsi makanan secara berlebihan dan abai pada porsinya akan berdampak tidak baik pada kesehatan tubuh.


Kedua, batasi jenis makanan bersantan. Batasi mengkonsumsi makanan berminyak. Sebab, makanan ini mengandung lemak jenuh atau lemak jahat yang tinggi. Sehingga dengan banyak mengkonsumsi makanan tersebut akan membuat LDL (kolesterol jahat) dalam darah melonjak melebihi HDL (kolesterol baik).


Ketiga, konsumsi sayur dan buah. Mengkonsumsi sayur dan buah yang cukup akan dapat mengimbangi kolesterol dalam tubuh serta melancarkan sistem pencernaan. Namun, tetap dengan batasan normal dalam mengkonsumsinya.


Keempat, minum air putih yang cukup. Hindari minuman softdrink atau bersoda karena hal tersebut akan lebih meningkatkan kadar gula dalam tubuh, sehingga kemungkinan untuk terkena diabetes akan meningkat. Perbanyak minum air putih sebagai pengganti minuman manis.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×