Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Di FGD Ke-2, PBNU Godok Materi Kaderisasi Menengah PMKNU

Di FGD Ke-2, PBNU Godok Materi Kaderisasi Menengah PMKNU
FGD penyusunan bahan ajar kaderisasi menengah Pendidikan Kepemimpinan Menengah Nahdlatul Ulama (PKMNU). (Foto: NU Online/TVNU)
FGD penyusunan bahan ajar kaderisasi menengah Pendidikan Kepemimpinan Menengah Nahdlatul Ulama (PKMNU). (Foto: NU Online/TVNU)

Jakarta, NU Online 
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali menggelar Focuss Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan materi dan bahan ajar (handout) kaderisasi menengah Pendidikan Kepemimpinan Menengah Nahdlatul Ulama (PKMNU). 


“FGD kedua ini digelar untuk mendiskusikan lebih detail materi-materi yang akan dijadikan acuan pokok dalam kaderisasi menengah PMKNU, nantinya,” terang Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU H Muhammad Faesal dalam keterangannya, Kamis (28/7/2022).


Dalam pembukaan diskusi, Faesal mengatakan, telah dipaparkan metodologi kaderasi, selanjutnya akan dijelaskan pula materi-materi dari beberapa pengurus yang ditugaskan. 


“Tadi pagi (kemarin) kita sudah mengawali dengan membedah bagaimana metodologi kaderisasi. Mulai dari strategi awal dan bagaimana langkah persuasif yang harus dilakukan dalam pengaderan,” kata dia.


Ia juga mengungkapkan, materi Aswaja keislaman dan ideologi transnasional turut serta dipaparkan dalam FGD yang akan berlangsung di Hotel Sultan selama dua hari Kamis-Jumat (28/29 Juli 2022) ini. 


“Materi itu tadi dijelaskan juga oleh Pak Asrorun Ni’am,” ungkapnya.


Selanjutnya, beberapa materi lain seperti jejaring NU dengan pondok pesantren, pendidikan, kesehatan, dan dakwah, juga akan disampaikan dalam FGD ini.


“Transformasi dakwah digital juga akan disampaikan,” kata Faesal.


Materi-materi yang didiskusikan, lanjut dia, nantinya akan disusun dan di-review ulang oleh tim khusus sebelum akhirnya disahkan menjadi pedoman PMKNU.


“Seluruh materi akan dijadikan handout dulu, kemudian nanti disusun kembali oleh tim khusus untuk di-review,” jelasnya.


Faesal berharap FGD ini dapat melahirkan rumusan-rumusan yang matang sehingga pada pertengahan Agustus mendatang pengaderan sudah dapat dilakukan. 


“Kira-kira pertengahan Agustus kita sudah mulai meluncurkan ToT pertama untuk kaderisasi menengah PMKNU,” imbuhnya.


Seperti diketahui, pada awal Maret 2022, PBNU melakukan moratorium terhadap dua jalur kaderisasi yang lama yakni MKNU dan PKPNU. Kini, kedua jalur kaderisasi itu berhasil diintegrasikan.  


Terdapat tiga jenjang kaderisasi yang dibuat PBNU. Pertama, di tingkat dasar disebut PD-PKPNU. Kedua, tingkat menengah disebut P-MKNU atau Pendidikan Menengah Kepemimpinan Nahdlatul Ulama. 


Ketiga, tingkat tinggi yakni Akademi Kepemimpinan Nasional Nahdlatul Ulama atau AKN-NU.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×