Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Digelar 12 Mei, Ini Materi Tes Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi

Digelar 12 Mei, Ini Materi Tes Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi
Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)
Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

Jakarta, NU Online
Pada tahun 2022, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Masa pendaftaran berlangsung satu bulan, 15 Maret hingga 15 April 2022. Berdasarkan data, terdapat 6.169 santri yang berhak mengikuti tes berbasis elektronik yang akan berlangsung pada 12 Mei 2022.


“Program Beasiswa Santri Berprestasi selalu ramai peminat. Tahun ini ada 6.169 santri yang lolos verifikasi dan berhak ikut computer assested test (CAT) pada 12 Mei 2022,” kata Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur di Jakarta, Rabu (11/5/2022).


Menurutnya, sampai penutupan, total ada 13.011 santri yang mendaftar. Mereka berasal dari 1.730 pesantren. Namun, yang melengkapi data persyaratan pendaftaran berjumlah 6.391. Setelah dilakukan verifikasi, ada 6.169 santri yang berhak ikut CAT.


Menurutnya, materi tes dibagi dalam dua jenis. Pertama, materi untuk seluruh peserta tes, berupa materi kepesantrenan, keagamaan, dan kebangsaan, serta materi Bahasa (Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris). Kedua, materi sesuai pilihan program studi (prodi). Ada delapan pilihan prodi, yaitu: Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Sosial Humaniora, Sains dan Teknologi, Magister Teknik Informatika, Magister Industri dan Bisnis Halal, Magister Manajemen, dan Magister Ilmu Falak.


“Hasil tes CAT akan diumumkan pada 19 Mei. Peserta yang dinyatakan lolos, berhak ikut tes wawancara yang juga akan dilakukan secara online,” jelas Waryono dalam keterangan pers yang diterima NU Online.


“Tes Wawancara rencana akan dilakukan pada rentang 24 – 27 Mei 2022. Hasil kelulusan PBSB 2022 diumumkan 9 Juni 2022. Nantinya, ada 600 santri yang akan menerima beasiswa pada tahun 2022,” sambungnya.


Waryono menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan 26 perguruan tinggi mitra dalam Program Beasiswa Santri Berprestasi ini. Ada tujuh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), yaitu: UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Gunung Djati, UIN Walisongo, UIN Sunan Kalijaga, UIN Maulana Malik Ibrahim, UIN Sunan Ampel, dan UIN Alauddin.


Selain itu, ada 13 Perguruan Tinggi umum, yaitu: Universitas Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Universitas Islam Nusantara, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Wahid Hasyim, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Malang, Universitas Airlangga, Universitas Mataram, Universitas Islam Makassar, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember


Ada juga enam Ma’had Aly, yaitu: Ma'had Aly As'adiyah, Ma'had Aly Hasyim Asy'ari, Ma'had Aly Kebon Jambu, Ma'had Aly Salafiyah Syafi'iyah, Ma'had Aly Maslakul Huda, dan Ma'had Aly Sa'idusshiddiqiyah.


Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×