Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Dubes Jepang Kunjungi PBNU Bahas Jalan Keluar Perang Rusia-Ukraina

Dubes Jepang Kunjungi PBNU Bahas Jalan Keluar Perang Rusia-Ukraina
Dubes Jepang Kanasugi Kenji dan Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: Abror/NU Online)
Dubes Jepang Kanasugi Kenji dan Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: Abror/NU Online)

Jakarta, NU Online 

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji berkunjung ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Senin (1/3/2022). Dalam kunjungan tersebut Dubes Kanasugi disambut langsung Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya.

 

“Pagi ini PBNU menerima tamu yang mulia Duta Besar Jepang dan kami melakukan pembicaraan yang sangat serius terutama terkait perkembangan terakhir terkait perang Rusia dan Ukraina yang dampaknya sangat dirasakan di Samudera Pasifik,  dan Jepang salah satu aktor penting di kawasan ini,” kata Gus Yahya dalam Konferensi Pers usai pertemuan di Lantai 2, Gedung PBNU.

 

“PBNU ingin bekerja sama dengan Jepang untuk ikut menyumbang upaya jalan keluar dari masalah ini (perang Rusia-Ukraina),” imbuh pria kelahiran 1966 itu.

 

Selain itu, Gus Yahya juga menyampaikan terkait tawaran pemerintah Jepang untuk bekerjasama dengan NU, terutama dalam mendukung agenda-agenda organisasi nahdliyin ini ke depannya.

 

“Begitu juga terkait dengan agenda-agenda pengembangan organisasi dan agenda Nahdlatul Ulama, PBNU menerima tawaran yang sangat simpatik, masyarakat Jepang nanti akan membuka diri untuk bekerjasama dengan NU,” ujar pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah itu.

 

Dubes Kanasugi sendiri berharap, kerja sama yang dilakukan pihaknya dengan NU untuk mencari jalan keluar dari perang Rusia dan Ukraina bisa segera membuahkan hasil dan lebih jauh lagi bisa membawa perdamaian bagi dunia.

 

“Semoga Jepang dan Indonesia, Jepang dan NU bisa membawa perdamaian bagi dunia,” harap Dubes Kanasugi.

 

Sebagaimana diketahui, NU sendiri sudah memiliki hubungan dengan Jepang sejak lama dan turut berkontribusi di negeri sakura itu. Salah satunya adalah dengan dibentuknya Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang.

 

Salah satu program yang dilakukan PCINU di sana adalah memfasilitasi mualaf yang ingin mempelajari agama Islam lebih dalam. Hal ini sebelumnya pernah disampaikan Ketua PCINU Jepang periode 2021-2023 Achmad Gazali.

 

Salah satu bentuk kerja sama yang pernah dilakukan adalah pembangunan Masjid Nahdlatul Ulama (NU) At Takwa di Kota Ibaraki, Jepang pada tahun lalu. Ini merupakan masjid NU pertama yang dibangun di sana dan diresmikan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

 

Kontributor: Muhamad Abror
Editor: Aiz Luthfi
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×