Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Generasi Millenial Memaknai Nilai-nilai Kepramukaan

Generasi Millenial Memaknai Nilai-nilai Kepramukaan
Ilustrasi: sejumlah siswa sedang mengikuti kegiatan Pramuka. (Foto: kemdikbud.go.id)
Ilustrasi: sejumlah siswa sedang mengikuti kegiatan Pramuka. (Foto: kemdikbud.go.id)

Jakarta, NU Online

Gerakan Pramuka merupakan salah satu kegiatan positif penuh edukasi berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai kepramukaan juga perlu dipraktikkan oleh para pemuda, khususnya generasi milenial di tengah derasnya arus globalisasi. Lantas, seperti apa mereka memaknai nilai-nilai kepramukaan?


Salah seorang pengurus Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama (IPNU) Jepara, Muhammad Muslim menuturkan bahwa pada kegiatan pramuka lebih menekankan pada pendidikan karakter. Ada banyak nilai karakter yang bisa didapatkan ketika masuk di pramuka.


“Tentu saja ada karakter kedisiplinan, kekompakan seperti terlihat saat baris berbaris, kesetiakawanan, kebersamaan dan juga sosialisasi yang baik. Sehingga memang kegiatan pramuka tidak hanya sekedar itu-itu saja, tapi perlu dipahami ada banyak pelajaran yang bisa didapat jika masuk di dalamnya,” papar kepada NU Online, Kamis lalu.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Mayong Jepara, Hamam Nasirudin. Menurutnya pramuka sebagai kegiatan yang adaptif dan variatif, karena di sana banyak cabang-cabangnya, seperti saka bhayangkara, wirakartika, wanabakti, dan lain sebagainya.


“Banyak kegiatan positif yang dapat diambil dari pramuka. Nilai-nilai kepramukaan sendiri ada di dalam tri satya dan dasa dharma yang harus dianut oleh setiap orang,” tuturnya.


Ia berpesan sebagai generasi milenial yang melek teknologi harus sadar dan bisa mengembangkan pendidikan karakter kepramukaan sejak dini tidak hanya ketika masuk sekolah formal SMP SMA saja, tapi harus sejak kecil.

 

“Generasi milenial harus benar-benar paham nilai-nilai yang terkandung dalam tri satya dan dasa darma,” tandas Hamam, sapaan akrabnya.


Hal itu juga dibenarkan oleh Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa Tengah, Sulis yang mengungkapkan bahwa pramuka memiliki makna penting jika ingin menjalankan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.


“Karena gerakan kepanduan itu berbasis pada kemanusiaan yang di dalamnya terkandung 10 darma pramuka. Khususnya untuk generasi milenial dalam nilai ke-8 yakni tentang kedisiplinan, keberanian dan kesetiaan,” paparnya.


Adanya nilai karakter dalam kegiatan pramuka juga diungkapkan oleh Ketua Pimpinan Ranting (PR) Loram Wetan Jati Kudus, Novyana Kurniasari yang menerangkan bahwa kegiatan pramuka sangat penting karena di dalamnya terkandung banyak nilai salah satunya dapat membentuk karakter seseorang.


“Saya dulu tergolong orang yang kurang percaya diri tapi setelah mengikuti pramuka khususnya di saka bhayangkara dan kegiatan lain kepramukaan akhirnya rasa percaya diri saya mulai tumbuh dengan sendirinya,” ungkapnya.


Selain itu menurutnya pramuka juga mengajarkan tentang kedisiplinan dan jiwa sosial yang tinggi karena menekankan kebersamaan, sehingga melalui pramuka dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk bersosialisasi dengan orang lain, serta dapat mengembangkan potensi.


Kontributor: Afina Izzati

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×