Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Korps Pelajar Putri NU: Pramuka Bentuk Jati Diri dan Karakter Pemuda Lebih Terorganisasi

Korps Pelajar Putri NU: Pramuka Bentuk Jati Diri dan Karakter Pemuda Lebih Terorganisasi
Ilustrasi Gerakan Pramuka. (Foto: Pramuka Update)
Ilustrasi Gerakan Pramuka. (Foto: Pramuka Update)

Jakarta, NU Online

Jambore Nasional XI akan digelar pada 14 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. Jambore Nasional (Jamnas) merupakan ajang bergengsi gerakan pramuka nasional yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali. 


Sekretaris Komandan Dewan Koordinasi Nasional Korp Pelajar Putri NU, Siti Robitoh menyambut gembira  terselenggaranya Jambore Nasional XI. Menurutnya kegiatan ini wajib diikuti anak-anak di sekolah pasalnya gerakan ini dinilai positif.


“Pramuka punya beberapa nilai kepanduan, sosial, kesehatan, dan pelestarian alam. Kalau pelajar dan pemuda sudah masuk ke kegiatan Pramuka, jati diri dan karakter mereka akan terorganisasi, rapi step by step,” terang Robitoh ditemui NU Online disela kegiatan Kongres XIX IPPNU di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta pada Jumat (12/8/2022). 


Dijelaskan, Pramuka punya tiga bidang dan satu kepanduan. Jika anak-anak pramuka telah menguasai ketiga fondasi itu, maka akan menambah bakat anak-anak. Apalagi Pramuka merupakan gerakan yang cukup solid dan semangat. 


“Menurutku orang yang sudah masuk gerakan pramuka mereka akan selalu solid baik dalam pertemanan, sosial di manapun mereka berada. Mereka menanamkan gotong-royong dan saling membantu,” imbuhnya. 


Hal itu juga yang tercermin pada diri korps pelajar putri. Menurutnya yang membedakan adalah kepanduan korps pelajar putri NU belum memiliki itu. Dia berharap dari tiga nilai sosial tersebut bisa ditiru dan diikuti semua teman-teman pelajar NU.


“Artinya kalau sudah punya minat bakat ditekuni. Fokus yang jelas, ditingkatkan kegiatan minat itu dan tetap saling solid. Tiga itu dipegang erat maka akan terbangun integritas teman-teman dari pramuka maupun korps pelajar putri,” tuturnya. 


Jambore Nasional diikuti oleh pramuka penggalang perwakilan dari setiap kwartir cabang (Kwarcab) baik di tingkat kota maupun kabupaten di seluruh Indonesia.


Tema yang diusung pada Jamnas yang ke-XI adalah “Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi.”


Pemilihan tema ini dibarengi dengan harapan bahwa pramuka Indonesia akan memiliki sikap mandiri dan tangguh serta menciptakan kader pemimpin di masa depan. Sedangkan maskot Jamnas XI tahun 2022 berupa elang jawa yang menggunakan setangan leher merah putih yang merepresentasikan tanda pengenal gerakan pramuka. 


Burung elang disebut sebagai lambang keceriaan, sesuai dengan tema Jambore Nasional XI. Maskot Jamnas ke-XI dijuluki Nusa yang mewakili Indonesia dan merupakan singkatan dari Nusantara.


Kontributor: Suci Amaliyah 

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×