Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Sako Ma'arif NU Raih 5 Penghargaan Darma Bakti dari Kwarnas Pramuka

Sako Ma'arif NU Raih 5 Penghargaan Darma Bakti dari Kwarnas Pramuka
Penghargaan Darma Bakti dari Kwarnas Pramuka untuk lima tokoh Sako Ma'arif NU. (Foto: dok istimewa)
Penghargaan Darma Bakti dari Kwarnas Pramuka untuk lima tokoh Sako Ma'arif NU. (Foto: dok istimewa)

Jakarta, NU Online

Satuan Komunitas (Sako) Pramuka  Ma'arif NU mendapatkan 5 penghargaan Darma Bakti dari Kwarnas Pramuka. 

 

Penghargaan tersebut berdasarkan Skep. 104 /2021 diberikan kepada Ketua Umum PBNU, Kiai Said Aqil Siroj; Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faizal Zaini; Ketua Majelis Pembina Sako Ma’arif NU Pusat yang juga Ketua LP Maarif NU, H Zainal Arifin Junaidi, anggota Mabi Sako Ma’arif Pusat, Asrorun Ni'am Sholeh, serta Ketua Sako Ma'arif NU Pusat Muchsin Ibnu Djuhan.

 

Penghargaan disampaikan pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-60 Pramuka, Sabtu 14 Agustus 2021. Mengambil tema Berbakti Tanpa Henti, peringatan HUT Pramuka dilakukan upacara secara daring dan luring yang dipusatkan di Gedung Pandansari Cibubur Jakarta Timur. 

 

Sebagai inspektur upacara Hari Pramuka adalah Presiden Joko Widodo yang juga Majelis Pembina Nasional Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Pesertau pacara di Gedung Pandan Sari Cibubur dengan prokes yang ketat dan terbatas.

 

Sekretaris Sako Pramuka Ma'arif NU Pusat, Soleh Abwa yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut, menyampaikan penghargaan lencana Darma Bhakti dari Kwarnas Gerakan Pramuka, membuktikan eksistensi dan pengakuan terhadap Sako Pramuka Ma'arif NU sebagai Satuan Komunitas Pramuka yang unggul dan membanggakan.

 

"Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua dan lebih khusus para pengurus Sako Pramuka Ma'arif NU se Indonesia untuk tetap berkerasi dan mengembangkan diri," tegasnya.

 

 

Ketua LP Maarif NU, H Zainal Arifin Junaidi mengkonfirmasi, penghargaan tersebut wajar diterima Sako Ma'arif NU yang selama ini fokus mendorong dan mengembangkan kepanduan/kepramukaan melalui Satuan Komunitas Pramuka Ma'arif NU.

 

"Sako Ma'rif NU sudah melakukan kegiatan Nasional Kepramukaan Ma'arif NU yang terbesar di Indonesia. Selama ini dalam Satuan Komunitas Pramuka Ma'arif NU sebagai  Mabi Sako Ma'arif NU Pusat dapat mengembangkan Sako Ma'arif NU sehingga bisa menusantara," kata H Arjun, sapaan akrabnya.

 

Pengembangan Sako Ma'arif NU menurutnya dilakukan dengan berbagai kegiatan kepramukaan, baik di tingkat satuan pendidikan di lingkungan NU dari cabang, wilayah, dan Nasional.

 

Selain itu, Sako Ma'arif NU juga menjadi organisasi Pramuka yang inovatif. Banyak gagasan-gagasan baru tumbuh dari Sako Pramuka Ma'arif NU yang diaktualisasikan dalam kegiatan kepramukaan. "Baik tingkat nasional, wilayah, cabang dan gugus depan dinamis yang melahirkan giat baru yang jadi inspirasi bagi organisasi lain," imbuh H Arjun.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Alhafiz Kurniawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×