Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Habib Luthfi Ziarahi Makam Eril, Ridwan Kamil: Alhamdulillah

Habib Luthfi Ziarahi Makam Eril, Ridwan Kamil: Alhamdulillah
Habib Luthfi saat menziarahi makam almarhum Eril. (Foto: twitter Ridwan Kamil)
Habib Luthfi saat menziarahi makam almarhum Eril. (Foto: twitter Ridwan Kamil)

Jakarta, NU Online 

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya menziarahi makam putra sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Momen khidmat tersebut dibagikan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, melalui akun instagram pribadinya pada Senin (20/6/2022).


"Alhamdulillah, makam alm Ananda Eril, kemarin diziarahi dan didoakan oleh Habib Muhammad Luthfi bin Yahya," ucap Kang Emill, sapaan karibnya dikutip NU Online dari Instagram @ridwankamil.


Dalam unggahan tersebut, tampak di bawah terik matahari, Habib Luthfi dipayungi Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuju makam Eril. Kedatangan Habib Luthfi diiringi dengan kehadiran masyarakat ramai yang turut berziarah mendoakan Eril.


Pada kesempatan itu, ulama kharismatik kelahiran Pekalongan tersebut membacakan tahlil dan doa untuk Eril. Susana takziah berlangsung teduh dan syahdu. 


Melansir laman jabarprov.go.id, Habib Luthfi dikabarkan tiba di lokasi pemakaman kisaran pukul 14.00 WIB. Usai mendoakan Eril, Habib Luthfi turut menanyakan soal masjid yang akan dibangun Ridwan Kamil. Masjid yang bakal diberi nama Al Mumtadz itu didedikasikan untuk anak sulungnya. 


"Ini masjid yang akan dibangun itu?" tanya Habib Luthfi.


Sebelum meninggalkan lokasi pemakaman Eril, Habib Luthfi menyampaikan terima kasihnya kepada Ridwan Kamil yang telah mendampinginya untuk berziarah.

 

"Pak Gub, terima kasih banyak, assalamualaikum," tandas Anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu.


Sebelumnya, Eril dikabarkan menghilang di Sungai Aare, Bern, Swiss sejak Kamis 26 Juni 2022. Setelah beragam upaya pencarian dilakukan oleh Polisi maritim dan tim SAR setempat, pada tanggal 2 Juni 2022, pihak keluarga telah mengikhlaskan Eril dan menyatakannya meninggal dunia. 


Seminggu kemudian, jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Swiss pada 8 Juni 2022. Jenazah Eril dipulangkan ke Indonesia pada Sabtu 11 Juni, dan tiba pada Ahad 12 Juni.

 

Jenazah dikebumikan hari Senin 13 Juni 2022 sekitar pukul 11.00 WIB di komplek Islamic Center Ridwan, Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×