Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Hafiz Cilik 13 Tahun Ini Raih Juara 2 Lomba Hafalan Qur’an Tingkat Dunia 

Hafiz Cilik 13 Tahun Ini Raih Juara 2 Lomba Hafalan Qur’an Tingkat Dunia 
Zahran Auzan, Hafiz Al-Qur'an usia 13 tahun asal Langkat, Sumatera Utara. (Foto: Kemenag)
Zahran Auzan, Hafiz Al-Qur'an usia 13 tahun asal Langkat, Sumatera Utara. (Foto: Kemenag)

Jakarta, NU Online
Kabar membanggakan datang dari salah satu putra Indonesia. Adalah Zahran Auzan, Hafiz Al-Qur'an cilik usia 13 tahun asal Langkat, Sumatera Utara telah meraih juara 2 Musabaqah Hafalan Al-Qur'an (MHQ) Tingkat Internasional di Arab Saudi.

 

Pada ajang MHQ King Abdul Aziz International Holy Qur'an Contest yang dihelat pada pertengahan September 2022 itu, Auzan bersaing dengan peserta lain lebih dari 50 negara. Atas prestasinya tersebut, Auzan dihadiahi uang pembinaan sebesar 185.000 riyal.

 

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin menyebut, capaian yang diraih oleh hafiz cilik turut mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

 

“Alhamdulillah, satu lagi prestasi internasional diraih anak kita. Prestasi ini mengharumkan nama bangsa," ungkap Kamaruddin Amin dilansir dari laman Kemenag, Jumat (23/9/22).

 

Kamaruddin menilai, Auzan yang masih sangat belia itu telah menunjukan kompetensi yang sangat baik. Putra pasangan Ismuddin dan Aminatun Zahriah ini mampu hafal Al-Quran dan bersaing dengan peserta lainnya dari puluhan negara dunia.

 

Sementara itu, Kasubdit Lembaga Pengembangan Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits Kemenag, Rijal Ahmad Rangkuty menilai, kemampuan Auzan mengikuti ajang kejuaraan tingkat internasional, merupakan bukti bahwa kualitas anak bangsa pada bidang tahfidz Al-Qur’an sangat baik.

 

Rijal juga berharap, kisah Auzan menjuarai MHQ tingkat dunia itu dapat menginspirasi banyak generasi muda.


"Ini merupakan berita gembira untuk masyarakat Indonesia sekaligus penanda bahwa generasi kita mampu bersaing di kancah internasional," ungkap Rijal.

 

Rijal melihat, perolehan Auzan dalam ajang tersebut tak terlepas dari peran sang orang tua yang mampu mendidik Auzan. Ia mengapresiasi kerja keras orang tua Auzan yang telah membimbing dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara. Menurutnya, prestasi cemerlang Auzan berkat pelatihan dan bimbingan yang diberikan sejak dini.

 

"Ini inspirasi untuk anak-anak dan orang tua seluruh Indonesia. Ini salah satu keberhasilan pembinaan dan pendidikan sejak dini yang diberikan orang tua dan LPTQ Sumut," imbuhnya.

 

Beberapa juara pada cabang 30 juz MHQ Internasional Tahun 2022 di Arab Saudi itu terdiri dari 3 perwakilan negara berbeda. Juara 1 diraih Achmad Achiri asal Maroko, juara 2 Zahran Auzan asal Indonesia, dan  juara 3 diraih Abdoulie Njie asal Gambia.

 

Peraih juara 1 berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar  200.000 riyal, juara 2 sebesar 185.000 riyal dan juara 3 mendapatkan 170.000 riyal.

 

Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×