Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Ini Ketentuan dan Tahap Pendaftaran SPAN-PTKIN 2022

Ini Ketentuan dan Tahap Pendaftaran SPAN-PTKIN 2022
Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Imam Taufiq. (Foto: Tangkapan layar)
Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Imam Taufiq. (Foto: Tangkapan layar)

Jakarta, NU Online
Kementerian Agama (Kemenag) RI telah meluncurkan Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk (SPAN-UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2022, Selasa (18/1/2022).


Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Imam Taufiq menerangkan, SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian. 


Para calon mahasiswa dapat memilih salah satu dari 58 PTKIN di Indonesia dan yang terbagi dalam tiga jenis perguruan tinggi. Ketiganya ialah Universitas Islam negeri (UIN), Institut Agama Islam negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Selain PTKIN, tersedia juga satu pilihan Perguruan Tinggi Umum (PTU).


Seleksi SPAN-PTKIN 2022 dapat diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia secara gratis, dengan kuota penerimaan di masing-masing PTKIN minimal 20 persen. Adapun ketentuan umum untuk mendaftar SPAN-PTKIN 2022 adalah sebagai berikut:


Pertama, siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir. 


Kedua, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).


Ketiga, didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah. 


Jadwal pelaksanaan

Rangkaian pelaksanaan SPAN-PTKIN bakal digelar mulai Februari hingga April 2022 dengan rincian sebagai berikut:


Pertama, pengisian dan verifikasi PDSS pada 7-28 Februari 2022.


Kedua, pendaftaran pada 04-31 Maret 2022. 


Ketiga, seleksi tahap I pada  04-7 April 2022.


Keempat, seleksi tahap II pada 09-11 April 2022.


Kelima, pengumuman pada 15 April 2022.


Tahapan pendaftaran 

Tahap pendaftaran SPAN-PTKIN untuk siswa meliputi, registrasi menggunakan NISN dan email aktif, validasi akun, login siswa pada siswa.span-ptkin.ac.id, pengecekkan data dan nilai rapor siswa, unggah rapor dan prestasi (upload rapor kelas 10/1, 10/2, 11/1, 11/2, & 12/1 dan prestasi tambahan), lalu tahapan berakhir dengan mencetak bukti pendaftaran.


Tahap pendaftaran SPAN-PTKIN untuk sekolah meliputi cek Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), registrasi akun sekolah di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS (registrasi akun meiliputi cek data sekolah, input email sekolah, email kepala sekolah, nomor Whatsapp kepala sekolah), validasi akun (validasi akun akan dikirim ke email sekolah dan kepala sekolah), login sekolah (login pada pdss.span-ptkin.ac.id), pengecekkan data siswa (data siswa kelas 12 serta input nilai siswa dan KKM).


Sementara bagi sekolah yang tidak memiliki NPSN, bisa mengajukan permohonan, dan meng-upload entry data sekolah serta kelengkapan sekolah. Berikutnya, sekolah akan masuk ke tahapan validasi akun.


Program studi dan jumlah pilihan

Siswa dapat memilih dua perguruan tinggi yang diminati. Siswa kemudian memilih dua prodi yang diminati pada masing-masing perguruan tinggi. Perlu diketahui, urutan perguruan tinggi dan prodi menyatakan prioritas pilihan.


Informasi pendaftaran dan daya tampung SPAN PTKIN 2022 selengkapnya dapat dilihat pada laman pdss.span-ptkin.ac.id


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×