Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Inspiratif, Guru Madrasah Lampung Ini Tulis 14 Buku dalam 2,5 Bulan

Inspiratif, Guru Madrasah Lampung Ini Tulis 14 Buku dalam 2,5 Bulan
Foto: H Darmadi
Foto: H Darmadi

Menulis bagi sebagian orang adalah kemampuan berbahasa yang paling sulit dilakukan. Banyak orang yang lancar berbicara berjam-jam namun ketika diminta untuk menulis, seakan-akan tidak ada yang bisa diwujudkan dalam sebuah tulisan. Namun ini tidak berlaku untuk H Darmadi, seorang guru PNS di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Sosok low profile ini memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang dakwah dan tulis menulis. Selain aktif sebagai seorang dai dan guru, pengurus LP Ma’arif NU Kabupaten Lampung Tengah ini juga sangat produktif menulis berbagai tulisan seperti buku yang sudah dicetak oleh penerbit nasional dan berbagai opini yang dimuat diberbagai media baik cetak maupun online.

Baru-baru ini dalam rangka peringatah Hari Guru Nasional, 33 judul bukunya diikutsertakan pada pameran di Kota Bogor. Dalam pameran tersebut, karya literasinya dipajang bersama karya-karya guru lainnya dari seluruh Indonesia. Kegiatan pameran ini merupakan upaya untuk menginspirasi para guru di Indonesia untuk produktif dalam menghasilkan karya tulis.

“Saya mengirimkan 33 judul buku pada acara di Bogor. Ini setengah dari seluruh judul buku yang sudah saya tulis,” kata Ustadz Darmadi.

Selain berpartisipasi pada acara tersebut, pada 6 November 2018 lalu, ia juga ikut serta pada kegiatan Literasi Gerakan Menulis Buku Indonesia yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Pusat di Surakarta, Jawa Tengah. Sebanyak 850 orang yang terdiri dari siswa, guru, mahasiswa, dosen, dan komunitas menulis dari berbagai daerah ikut serta pada acara yang dilaksanakan di Gedung Graha Saba Buana, Surakarta,

Alhamdulillah saya bisa ikut serta menghasilkan 14 judul buku tentang pendidikan yang saya buat dalam waktu 2,5 bulan. Buku ini langsung dibuat, dicetak dan di nilai pada kegiatan tersebut,” ungkapnya bahagia karena mendapatkan penghargaan penulis buku terbanyak pada acara tersebut.

Adapun buku karya Ustadz Darmadi yang telah ditulis dan diterbitkan selama 2018 diantaranya:
1.     Keluarga Sebagai School of Love (Ahsyara Media Indonesia, Kendal, 2018)
2.    Guru Jembatan Revolusi (Kekata Publisher, Surakarta, 2018)
3.    Aborsi Pendidikan (Kekata Publisher, Surakarta, 2018)
4.    Mendidik Adalah Cinta “Menjelajah Pendidikan Ramah Anak di Rumah dan Sekolah” (Kekata Publisher, Surakarta, 2018)
5.    The Smiling Teacher: Tips Efektif Menjadi Guru Senang dan Menyenangkan (Guepedia.com, Bogor, 2018)
6.    Good Teacher: Menjelajah Kepribadian dan Keteladanan Guru Dalam Mengukir Akhlak Siswa Melalui Pendidikan Karakter (Guepedia.com,Bogor, 2018)
7.    Pendidikan Spiritual Anak Usia Dini Dalam Cakrawala Pendidikan Islam (Guepedia.com, Bogor, 2018)
8.    Mengembangkan Paradigma Baru Kinerja Guru (Guepedia.com, Bogor, 2018)
9.    Guru Abad 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi” (Guepedia.com, Bogor, 2018)
10.    Optimalisasi Strategi Pembelajaran: Inovasi Tiada Henti Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik (Guepedia.com, Bogor, 2018)
11.    The Amazing Shalat: Mengungkap Nilai-Nilai Shalat Lima Waktu Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Aura Publishing, Bandar Lampung, 2018)
12.    Membaca Yuuk..! “Strategi Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Usia Dini” (Guepedia.com, Bogor, 2018)
13.    Pluralisme Agama dan Rekontruksi Peradaban Islam dalam Rancang Bangun Pendidikan Islam (Jendela Sastra Indonesia, 2018).
14.    Konservasi SDM Dalam Ekosistem Pendidikan Islam (Jendela Sastra Indonesia, 2018)
15.    Mahalnya Sekolah Murah (Kekata Publisher, Surakarta, 2018)
16.    Kurikulum dan Prakmatisme Pendidikan (Kekata Publisher, Surakarta, 2018)
17.    Model-Model Pembelajaran Inovatif (Kekata Publisher, Surakarta, 2018)
18.    Menyemai Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kekata Publisher, Surakarta, 2018)
19.    Menyemai Benih MBS (Kekata Publisher, Surakarta, 2018)
20.    Sekolah itu Indah (Guepedia.com, Bogor, 2018).

Selain dalam bentuk buku, Ustadz Darmadi juga aktif menulis opini, resensi buku dan artikel lepasnya dan banyak dimuat dimuat di berbagai media cetak seperti Lampung Post, Radar Lampung, dan berbagai media nasional.


Prestasinya di bidang tulis menulis ini juga diimbangi dengan prestasi profesi sebagai guru madrasah. Berbagai prestasi sebagai guru terbaik diraihnya selama karir mengajarnya. Prestasi Akademik dan Penghargaan yang pernah diperoleh sebagai seorang pendidikan selama 3 (tiga) tahun terakhir di antaranya Juara I Kompetisi Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Berprestasi Tingkat Provinsi Lampung tahun 2015, Juara I (Pertama) Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) pada Kompetisi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2017, Penghargaan Guru Berbakat dan Berprestasi Tahun 2016 Tingkat Provinsi Lampung, dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, dan Anugerah ”Nugra Jasadarma Pustaloka Tahun 2017” dari Perpustakaan Nasional RI kategori Buku (Pustaka) Terbaik Bidang Kesehatan Masyarakat, dengan judul buku ”Hidup Sehat dengan Terapi Air Wudhu”.


Di tengah kesibukannya sebagai pendidik,Ustadz Darmadi juga aktif berkiprah diberbagai organisasi dengan menjadi pengurus organisasi profesi, keagamaan dan sosial. Di antara organisasi yang digelutinya yakni pengurus PGRI Kabupaten Lampung Tengah, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lampung Tengah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lampung Tengah, Dewan Masjid Indonesia (MDI) Kabupaten Lampung Tengah, Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) Kabupaten Lampung Tengah, PC Nahdlatul Ulama Lampung Tengah, Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Lampung Tengah,

Selain itu anggota Tim Pengembang Kurikulum Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Tengah ini juga sering diundang menjadi pembicara, pemateri, dan instruktur di berbagai kegiatan ilmiah, baik lokal maupun nasional. (Muhammad Faizin)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×