Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

IPPNU Jambi Tuntut Program Penguatan Kaderisasi

IPPNU Jambi Tuntut Program Penguatan Kaderisasi
Logo IPPNU
Logo IPPNU

Jakarta, NU Online

Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Provinsi Jambi menyampaikan aspirasi jelang Kongres XIX IPPNU pada Jumat (12/8/2022) hingga Senin (15/8/2022) mendatang di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Salah satu problem yang disoroti adalah penguatan kaderisasi zona Sumatera. 


"Mohon untuk diperhatikan kembali terkait penguatan pengaderan dan penguatan intelektual kader di zona Sumatera khususnya Jambi," kata Ketua PW IPPNU Jambi, Gita Puspita Sari kepada NU Online, Rabu (10/8/2022).


Gita menilai, sejauh ini kaderisasi di zona Sumatera minim perhatian dari pimpinan pusat. "Jambi ini aktif terbilang baru 5 tahun sehingga kaderisasi belum merata sementara pengurus pusat belum pernah turun ke daerah-daerah di Jambi," keluhnya.


Ia berpandangan mengenai integritas dan intelektualitas kader di zona Sumatera tak kalah dengan kader-kader di luar daerah. Oleh karena itu ia berharap pengurus pusat yang baru dapat melakukan koordinasi yang baik kepada cabang atau wilayah terkait kaderisasi.


"Jadi penguatan pengkaderan yang dimaksud adalah pimpinan pusat IPPNU harus turun ke daerah-daerah langsung," jelasnya.


Selain itu, ia meminta pengurus pusat periode selanjutnya dapat membuat program-program kaderisasi dari hulu ke hilir. "Misalnya, melakukan roadshow terkait peraturan dan perkembangan IPPNU di daerah lain sebagai acuan untuk Jambi," terangnya.


Gita berharap, siapa pun pemimpin baru yang terpilih dalam Kongres XIX IPPNU di Jakarta nanti agar dapat membawa IPPNU ke arah yang lebih baik.


"Saya berharap kongres ke XlX ini tidak cuma menjadi ajang seremonial belaka tetapi juga menjadi agen perubahan yang lebih baik ke depannya untuk pengurus baru. Semoga siapa pun nanti yang menjadi ketua terpilih bisa lebih memperhatikan lagi kondisi-kondisi yang ada di daerah," harapnya.


Kongres XIX IPPNU rencananya akan berlangsung pada 12 Agustus sampai 15 Agustus 2022 di di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Kegiatan ini akan dihadiri  langsung oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan sejumlah Menteri serta para alumni.


Kongres XIX IPPNU ini bakal diikuti oleh tiga kandidat ketua umum, yaitu (1) Whasfi Velasufah dari Kudus, Jawa Tengah; (2) Afifa Marwa dari Bojonegoro, Jawa Timur; dan (3) Khairatul Ni’amah dari Blitar, Jawa Timur.


Kontributor: Suci Amaliyah

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×