Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Jadwal Lengkap Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Tahun 2022

Jadwal Lengkap Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Tahun 2022
Foto: Saudi Arabia Airline
Foto: Saudi Arabia Airline

Jakarta, NU Online
Pada 4 Juni 2022, jamaah haji Indonesia mulai diterbangkan ke Arab Saudi untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji tahun 2022. Pemberangkatan Jamaah haji akan dilaksanakan selama 30 hari masa operasi penerbangan. Kloter pertama akan menuju Bandara Madinah sementara kloter terakhir yang berangkat 3 Juli 2022 akan menuju Bandara Jeddah.


Tahun ini, kuota haji Indonesia berjumlah 100.051. Jumlah ini terdiri atas 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus. Jamaah haji reguler terbagi dalam 241 kloter dan akan diberangkatkan dalam 236 penerbangan, dengan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.


Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa Kementerian Agama dan PT Garuda Indonesia sepakat memberangkatkan jamaah haji Indonesia dari sembilan embarkasi. Ke sembilan embarkasi tersebut yakni Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok.


PT. Garuda Indonesia akan membawa 47.915 Jamaah haji dan petugas kloternya (51%). Lainnya, 45.866 Jamaah haji dan petugas kloter (49%) akan dibawa Saudi Arabian Airlines dari 5 embarkasi haji, yaitu Batam, Palembang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi dan Surabaya.


Sementara untuk pemulangan Jamaah haji juga berlangsung selama 30 hari. Kloter pertama pulang dari Bandara Jeddah menuju Tanah Air pada 15 Juli 2022. Kloter terakhir pulang dari Bandara Madinah menuju Tanah Air pada 13 Agustus 2022.


Untuk penerbangan dan pemulangan jamaah haji Indonesia ini, kementerian Agama telah merilis jadwal di semua embarkasi yang dirilis di laman Kemenag pada Selasa (31/5/2022). Jadwal tersebut ditandatangani Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab dengan secara detail menyebutkan proses awal jamaah haji diberangkatkan.


Jadwal tersebut memuat tanggal dan jam masuk asrama, tanggal dan jam berangkat, estimasi tiba di Arab Saudi, nomor penerbangan, asal provinsi, jumlah petugas kloter, jumlah keseluruhan jamaah. Dalam jadwal tersebut juga termuat pemulangan jamaah yang meliputi nama bandara, tanggal dan jam, estimasi sampai di tanah air, dan nomor penerbangan.


Untuk lebih detail, data tersebut bisa diunduh di tautan ini: Unduh Jadwal Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Indonesia Tahun 1443 H/2022 M.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×