Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Jokowi: Pasien Omicron Cukup Isolasi Mandiri dan Minum Obat

Jokowi: Pasien Omicron Cukup Isolasi Mandiri dan Minum Obat
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)

Jakarta, NU Online
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, masyarakat yang terpapar Covid-19 varian Omicron dapat melakukan penyembuhan meski tanpa ke rumah sakit. Ia mengarahkan pasien Omicron untuk melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah dan mengonsumsi obat juga multivitamin.


“Varian Omicron dapat sembuh tanpa harus ke rumah sakit. Pasien yang terpapar varian ini cukup melakukan isolasi mandiri, minum obat dan multivitamin, dan segera tes kembali setelah 5 hari,” kata Presiden Jokowi dalam unggahan Instagram-nya, Kamis (3/2/2022).


Meskipun varian Omicron memiliki tingkat penularan yang tinggi, Presiden Jokowi menyebut tingkat fatalitas Omicron terbilang rendah. Hal tersebut membuat tingkat keterisian rumah sakit saat ini masih terkendali.


“Dengan kesiapan kita yang sudah jauh lebih baik daripada tahun lalu, baik dari segi rumah sakit, obat-obatan, dan oksigen maupun tenaga kesehatan. Kondisi rumah sakit saat ini masih terkendali,” kata Kepala Negara.


Ketua Satuan Tugas (Satgas) Nahdlatul Ulama (NU) Peduli Covid-19 Muhammad Makky Zamzami menganjurkan pasien isoman untuk memerhatikan asupan gizi harian, berolah raga serta berjemur, di samping mengonsumsi obat dan multivitamin.


“Mengonsumsi vitamin D, C, B, maupun E. Vitamin ini kan hanya meningkatkan ya, jangan lupa juga kita mengonsumsi makanan bergizi, melakukan olah raga sambil berjemur. Jangan begadang ataupun punya stres. Itu menurunkan imun kita,” urainya saat dihubungi NU Online, Jumat (4/3/2022) malam.


Senada, Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) dr Syahrizal Syarif juga mengimbau masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian selama masa isolasi mandiri. Selain itu, ia menyebut pasien isoman harus memastikan kebutuhan istirahatnya tercukupi.


“Makan yang baik dan vitamin C. menurut saya yang utama adalah vitamin C, juga istirahat cukup,” kata Dokter Syahrizal.


Kemenkes mencatat per 4 Februari 2022, penambahan kasus Covid-19 di Tanah Air mencapai 32.311. Eskalasi pandemi ini diduga lantaran merebaknya varian Omicron di Indonesia. Angka penambahan kasus harian tersebut merupakan terbanyak setelah varian Omicron dikonfirmasi pertama kali masuk Indonesia pada 16 Desember 2021.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×