Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kaum Thariqah Miliki Peran Besar dalam Perjuangan Bangsa

Kaum Thariqah Miliki Peran Besar dalam Perjuangan Bangsa
Pekalongan, NU Online
Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni'am Sholeh menjadi narasumber sesi dialog bersama ratusan Mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah (MATAN) se-Indonesia, di Kampus Pascasarjana IAIN Pekalongan, Selasa (16/1).

Pada acara bertema Penguatan peran Thoriqah dalam Membangun Bangsa melalui Generasi Muda tersebut, Ni’am memaparkan perlunya untuk mempersiapkan mental bangsa dalam menyambut bonus demografi pada tahun 2030.

“Dengan mengikuti thariqah, pemuda juga dapat dijauhkan dari sifat cinta dunia, mampu menjauhkan mereka dari bahaya narkoba dan sebagainya,” papar Ni’am yang juga pernah mengemban amanah Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

Ni’am juga menyinggung tentang sejarah peran serta kaum thariqah dalam perjuangan meraih kemerdekaan bangsa. 

"Siapa tidak kenal dengan Pangeran Diponegoro. Pahlawan nasional yang bernama kecil Bendoro Raden Mas Ontowiryo ini adalah penganut thariqah Syattariyah dan menjadi pemimpin pemberontakan melawan kolonial di usia belianya 20 tahun." Ungkap dia.

Acara dialog dengan Kemenpora ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Muktamar XII Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) dan Halaqoh II Ulama Thoriqoh Luar Negeri, yang diselenggarakan selama 5 hari, (14-18/1) di Pekalongan Jawa Tengah. (Ajie Najmuddin/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×