Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

KH. Sya’roni: Bersyukur Taubat Kita Tidak Seperti Bani Israil

KH. Sya’roni: Bersyukur Taubat Kita Tidak Seperti Bani Israil
Mustasyar PBNU, KH Sya'roni Ahmadi
Mustasyar PBNU, KH Sya'roni Ahmadi
Kudus, NU Online
Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Sya’roni Ahmadi Kudus menjelaskan beruntungnya umat Nabi Muhammad yang bisa bertaubat tidak sesulit Bani Israil. Dikatakan beruntung sebab tata cara taubat Bani Israil mengharuskan seseorang harus dibunuh dengan cara disembelih atau dipancung untuk bisa diterima.

“Misalkan taubat umat Muhammad masih seperti itu (dibunuh-red) pasti tidak akan ada yang mau, atau misal mau pasti hanya sedikit,” tutur KH. Sya’roni Ahmadi di Masjidil Aqsha Menara Kudus, Kamis (24/05).

Allah SWT telah memberikan kemudahan kepada umat Nabi Muhammad dalam bertaubat. Cukup dengan pengakuan diri atas segala kesalahan dan dosa umat Nabi Muhammad sudah bisa diterima taubatnya. 

“Dan balasan taubat adalah pahala paling berharga berupa surga,” imbuh Mbah Sya’roni.

Dalam kesempatan itu Mbah Sya’roni juga menjelaskan pengertian shiddiqin yaitu sahabat para Nabi yang iman kepada ajaran Allah SWT. Orang-orang yang taubatnya diterima akan berkumpul dengan para Nabi, sahabat dan shiddiqin di surga.

“Semua orang yang bertaubat akan berkesempatan untuk berkumpul dengan Rasulullah, para sahabat dan shiddiqin di surga, tanpa terkecuali,” jelasnya.

Selanjutnya, setelah anjuran untuk taubat dan taat kepada Allah SWT, Mbah Sya’roni menjelaskan ayat tentang perang yang memuat beberapa strategi dan hal-hal yang harus disiapkan oleh umat Islam (ketika itu) dalam berperang. (Farid/Muiz)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×