Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

LAZISNU PBNU Rutin Gelar Jumat Berbagi untuk Dhuafa di Jakarta

LAZISNU PBNU Rutin Gelar Jumat Berbagi untuk Dhuafa di Jakarta
Pembagian makanan pada kegiatan Jumat Berbagi LAZISNU PBNU, Jumat (5/8/2022). (Foto: LAZISNU PBNU)
Pembagian makanan pada kegiatan Jumat Berbagi LAZISNU PBNU, Jumat (5/8/2022). (Foto: LAZISNU PBNU)

Jakarta, NU Online
Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara rutin melaksanakan kegiatan Jumat Berbagi untuk kaum dhuafa di Jakarta. ​​


D​​emikian disampaikan Manajer Penyaluran dan Pemberdayaan LAZISNU PBNU Ending Syarifuddin, saat penyaluran fidyah untuk fakir miskin dan duafa dengan tajuk Jumat Berbagi, di bilangan Masjid Jami’ Matraman dan kampus Unusia Jakarta Pusat, Jumat (5/8/2022).


"Sebetulnya kegiatan Jumat Berbagi ini sudah lama ya, rutin. Di pandemi tahun 2022 ini, kami memulai kembali. Dan kegiatan Jumat Berbagi ini yang ketiga, setelah di depan Gedung PBNU dan di depan kantor Pimpinan Pusat GP Ansor. Dibuka kembali, karena ini adalah bagian dari implementasi penyaluran fidyah yang telah diamanatkan kepada kami," jelas Ending.


Dirinya menegaskan bahwa kegiatan Jumat Berbagi sekaligus implementasi program pendistribusian fidyah itu akan dilaksanakan rutin serta disalurkan secara keliling di Jakarta dan daerah lainnya.


"Ini akan kami laksanakan rutin, keliling Jakarta. Nanti di Jakarta Barat untuk Jumat berikutnya, insya Allah. Selanjutnya di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan. Dan nanti juga akan didistribusikan di LAZISNU daerah (cabang). Karena kami bekerja sama dengan LAZISNU cabang untuk mendistribusikan program fidyah secara kontinu, sustainable atau berkelanjutan, agar bisa memberi manfaat langsung kepada masyarakat yang membutuhkan," paparnya.


Untuk diketahui, pendistribusian fidyah berupa paket makan sejumlah 300 nasi kotak itu merupakan hasil kerja sama LAZISNU PBNU dengan Tokopedia dalam program pendistribusian fidyah untuk fakir miskin.


"Ini (paket makan) berasal dana dari fidyah, kerja sama LAZISNU PBNU dengan Tokopedia. Jadi ini adalah penyaluran dana fidyah, yang disalurkan ke LAZISNU melalui Tokopedia," ungkap Direktur Eksekutif LAZISNU PBNU Qohari Cholil.


Qohari mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut untuk berbagi keberkahan kepada kaum dhuafa, fakir miskin. "Supaya kita semua dapat merasakan nikmat dari Allah swt," ucapnya.

 

Salah seorang penerima manfaat program Jumat Berbagi LAZISNU PBNU, Yusmanto (70) mengungkapkan bahwa kegiatan serupa jarang sekali ada di daerahnya.

 

"Jarang, paling baru sekarang ini (Jumat Berbagi). Dan alhamdulillah bagus kegiatan ini," ujar lelaki tua yang tinggal di daerah Matraman Dalam, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng Jakarta Pusat itu.


Kontributor: Wahyu Noerhadi
Editor: Kendi Setiawa



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×