Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Liga Muslim Dunia Temui Ketum PBNU Bahas Konferensi Internasional

Liga Muslim Dunia Temui Ketum PBNU Bahas Konferensi Internasional
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menerima audiensi Kepala Kantor Rabithah ‘Alam Islami (Liga Muslim Dunia) untuk ASEAN dan Australia, Syeikh Abdurachman Al Khayyat di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/22). (Foto: NU Online/Suwitno)
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menerima audiensi Kepala Kantor Rabithah ‘Alam Islami (Liga Muslim Dunia) untuk ASEAN dan Australia, Syeikh Abdurachman Al Khayyat di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/22). (Foto: NU Online/Suwitno)

Jakarta, NU Online

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menerima audiensi Kepala Kantor Rabithah ‘Alam Islami (Liga Muslim Dunia) untuk ASEAN dan Australia, Syeikh Abdurachman Al Khayyat di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/22).


Gus Yahya mengatakan, kedatangan Syeikh Al Khayyat ke PBNU sebagai perwakilan Liga Muslim Dunia dalam menyampaikan rencana tindak lanjut terkait kerja samanya dengan NU serta ajakan menggelar dialog antarumat beragama di Indonesia.


“Pagi ini saya menerima kunjungan perwakilan Liga Muslim Dunia, Syekikh Al Khayyat. Kami mendiskusikan banyak kemungkinan kerja sama antara NU dan Liga Muslim Dunia, termasuk dalam menggelar beberapa macam forum dan konferensi internasional,” kata Gus Yahya saat ditemui di ruang kerjanya .


Ia menyambut baik niatan Liga Muslim Dunia untuk menggelar beberapa forum internasional di Indonesia sebagai inisiatif untuk mengembangkan peran Islam membangun harmoni dalam menyambut peradaban umat manusia.


“Forum-forum internasional itu bertujuan menciptakan harmoni antarumat dalam menyambut peradaban di masa depan,” ujar tokoh pendiri Bayt ar-Rahmah li ad-Da'wa al-Islamiyah Rahmatan li al-'Alamin di Amerika Serikat itu.


Pertemuan itu, juga dimanfaatkan Gus Yahya untuk mengundang Sekretaris Jenderal (Sekjen) Liga Muslim Dunia, Syeikh Muhammad bin Abdul Karim Al Issa dalam kegiatan Religion 20 (R20) pada Oktober 2022 mendatang.


“Saya sampaikan kepada Syeikh Al Khayyat, kita ingin mengundang Sekjen Liga Muslim Dunia Syeikh Muhammad Al Issa untuk hadir dalam R20 yang akan kita gelar pada Oktober mendatang,” ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Jawa Tengah itu.


Selain Sekjen Liga Muslim, Gus Yahya juga mengundang sejumlah tokoh agama dunia, di antaranya Pemimpin Gereja Katolik sekaligus kepala negara Vatikan Paus Fransiskus dan Raja Kamboja Norodom Sihamoni.


“Insyaallah gelaran itu juga akan dihadiri Paus Fransiskus, Raja Norodom Sihamoni, dan lainnya,” terang tokoh yang pernah menjabat Juru Bicara Presiden ke-4 Indonesia itu.


Turut hadir sejumlah pengurus PBNU mendampingi Gus Yahya, di antaranya Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Lakpesdam PBNU) H Ulil Abshar Abdalla (Gus Ulil), dan Ketua Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Habib Ali Hasan Al Bahar.


Pewarta: Syifa Arrahmah

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×