Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ma'arif PBNU-Pusdatin Kemdikbud Ristek Gelar FGD Penguatan Data Madrasah

Ma'arif PBNU-Pusdatin Kemdikbud Ristek Gelar FGD Penguatan Data Madrasah
Para peserta fgd berpose bersama. (Foto: NU Online/Syifa)
Para peserta fgd berpose bersama. (Foto: NU Online/Syifa)

Jakarta, NU Online
Lembaga Pendidikan Ma'arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif PBNU) berkerja sama dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) menggelar Focus Group Discussion (FGD) penguatan data dan informasi satuan pendidikan menuju Indonesia maju berpaham global.


Wasekjen PBNU Prof Akh Muzakki menyampaikan, PBNU sebagai penanggung jawab utama LP Ma’arif mencoba mengintegrasikan semua jenis lembaga pendidikan yang ada di bawah naungan LP Ma’arif. Integrasi dan penguatan data ini tujuannya untuk mengentaskan permasalahan-permasalahan ketika ada pergantian struktural pendidikan di lingkungan NU.


“Integrasi data ini sangat dibutuhkan apalagi ketika ada pergantian kepengurusan jangan sampai yayasan di bawah naungan LP Ma’arif diakui sebagai yayasan pribadi,” katanya saat menyampaikan sambutan mewakili Ketua LP Ma’arif PBNU Prof M Ali Ramdhani, di Hotel Golden Boutique Melawai, Jakarta, Selasa (21/6/2022).


Peralihan status itu, menurut dia, harus segera ditangani oleh LP Ma’arif NU dengan mengintegrasikan data setiap sekolah yang ada di bawah naungannya.


“Selama ini kasus-kasus peralihan nama dari status lembaga Ma’arif ke yayasan bahkan menjadi milik pribadi banyak ditemui. Maka integrasi data menjadi sangat penting,” ujar tokoh yang pernah menjabat sebagai ketua LP Ma’arif NU Jawa Timur itu.


Selanjutnya, ia berharap agar para peserta FGD bisa interaktif saling berbagi informasi yang dibutuhkan agar nantinya program yang diamanahkan bisa berjalan dengan baik.


“Saya berharap FGD ini mempermudah tugas-tugas yang diamanahkan kepada pengurus LP Ma’arif NU,” harapnya.


Sebelumnya, LP Ma'arif PBNU telah melaksanakan kegiatan Prarakernas di Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/6/2022) lalu. Dalam kegiatan itu, LP Ma'arif NU mencanangkan empat program prioritas dalam mengembangkan kualitas pendidikan. Empat komponen itu meliputi data, kurikulum, sarana prasarana, dan peningkatan kualitas SDM peserta didik.


Sebagai informasi, acara FGD tentang penguatan data madrasah ini merupakan lanjutan dari kegiatan prarakernas yang sebelumnya. FGD diselenggarakan selama tiga hari, Selasa-Kamis, 21-23 Juni 2022, di Hotel Golden Boutique Melawai, Jakarta Selatan.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×