Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Menag Tinjau Keberangkatan Jamaah Menuju Arafah

Menag Tinjau Keberangkatan Jamaah Menuju Arafah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau keberangkatan jamaah menuju Arafah. (Foto: MCH)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau keberangkatan jamaah menuju Arafah. (Foto: MCH)

Makkah, NU Online

Jamaah haji Indonesia mula bergerak ke Arafah pada 7 Juli atau 8 Dzulhijjah 1443 H. Mereka akan menempati tenda-tenda yang telah disiapkan. Wukuf di Arafah berlangsung pada 9 Dzulhijjah setelah masuknya waktu Zuhur.


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyapa jamaah yang sedang bersiap berangkat di Hotel Kiswah, kawasan Jarwal.


Kepada jamaah, Yaqut menanyakan kabar dan kondisi mereka. Tak lupa, ia mengingatkan jamaah untuk terus menjaga kesehatannya.


Yaqut dengan senyum ramah melayani satu per satu jamaah haji yang mengajaknya berswafoto. Sebagian dari mereka menyapa dengan akrab karena telah kenal sebelumnya.


Dalam tinjauannya di tempat pemberangkatan, ia mengamati secara langsung jamaah yang masuk ke dalam bus. "Pastikan seluruh jamaah mendapatkan tempat duduk," tegas Yaqut.


Rombongan jamaah sudah diatur keberangkatannya dalam tiga kali keberangkatan, trip pertama pukul 07-10, kedua pukul 10-14, dan ketiga 14-17 WAS.


"Saya melihat mobilisasi sektor 4. Jumlahnya besar,  23 ribu jamaah. Saya pastikan berjalan baik dan lancar. Insyaallah tidak ada masalah," katanya.


Untuk memastikan seluruh jamaah terangkut, Yaqut menyampaikan petugas akan melakukan sweeping untuk memastikan tidak ada jamaah yang tertinggal.


"Bagi jamaah yang memerlukan perlakuan khusus, sudah disiapkan semuanya oleh petugas," imbuhnya.


Pada Selasa Rabu kemarin, Menag melakukan peninjauan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. 


"Layanan kesehatan sudah disiapkan di tiga tempat krusial. Badal haji juga sudah disiapkan.  Semua sudah pasti kita persiapkan. Semua sudah kita persiapkan secara detail," tandasnya.


Sejumlah jamaah menyampaikan apresiasi layanan haji yang sudah diberikan oleh pemerintah. "Fasilitasnya luar biasa Gus," ujarnya setelah bersalaman.


Jamaah yang menginap di sektor 4 berasal dari embarkasi Solo (SOC), Padang (PDG) Banjarmasin (BDJ), dan Balikpapan (BPN).


Pewarta: Achmad Mukafi Niam
Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×