Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Menag Yaqut Siap Fasilitasi Pertemuan Berkala Ormas Islam

Menag Yaqut Siap Fasilitasi Pertemuan Berkala Ormas Islam
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Kemenag)
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Kemenag)

Jakarta, NU Online

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi pertemuan berkala antar-organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam. Menag Yaqut menerangkan bahwa hal itu diharapkan dapat merawat kembali ukhuwah Islamiyah (persaudaraan antar sesama umat Islam) di Indonesia.


Menurut Menag, problem bangsa Indonesia yang dihuni mayoritas Muslim saat ini adalah berkurangnya atau semakin menipisnya jalinan ukhuwah Islamiyah di kalangan umat Islam.

 


"Saya sempat ditanya Presiden Joko Widodo mengapa harus membangun ukhuwah Islamiyah. Saya jawab bangsa Indonesia dihuni mayoritas Muslim, bila sesama Muslim dapat menjaga dan merawat semangat ukhuwah Islamiyah maka negara ini akan damai dan sejahtera," ujar Menag Yaqut, Rabu (27/1) lalu di Kantor Kemenag MH Thamrin Jakarta seperti dilansir kemenag.go.id.


Ia menuturkan, pertemuan antar ormas Islam ini tidak perlu dalam bentuk kegiatan formal. Tetapi bisa dilakukan dalam bentuk kegiatan santai tetapi syarat dengan suasana keakraban.

 


"Misalnya dengan menggelar coffee morning dalam rangka menjalin dan merajut semangat ukhuwah Islamiyah sesama Muslim," tuturnya.


Menag yang akrab disapa Gus Yaqut pun meminta dukungan kepada jajaran pengurus KAHMI atas rencananya tersebut.


"Meski semangat ukhuwah Islamiyah menjadi prioritas bagi ormas keagamaan Islam, ormas keagamaan di luar Islam juga tetap kita rangkul," sambungnya.


Pewarta: Fathoni Ahmad

Editor: Muchlishon



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×