Nasional ADVERTORIAL

Meski Pandemi, Telkom Akselerasi Akses Informasi di Seluruh Negeri

NU Online  Ā·  Jumat, 23 Oktober 2020 | 07:15 WIB

Meski Pandemi, Telkom Akselerasi Akses Informasi di Seluruh Negeri

Setelah mencanangkan diri untuk bertransformasi menjadi perusahaanĀ telekomunikasi digital (digital Ā telco)Ā sejak tahun lalu, adanyaĀ pandemi Covid-19 memberikan ruang akselerasi digital, sehingga mengharuskan perusahaan untuk mempercepat upaya transformasi tersebut.

Jakarta, NU Online

MerebaknyaĀ pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat besar bagiĀ seluruh negara di dunia. Hampir semua aktivitas para pelaku bisnis dari berbagai aspek industri terkena dampak pandemi ini dan dituntut mampu beradaptasi agar dapat bertahan.

Ā 

Meski demikian, ada juga beberapa sektor industri yang memiliki peluang dan prospek yang cukup baik untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, di antaranya industri kesehatan, makanan, e-commerce, dan Information & Communication Technology (ICT).

Ā 

Sebagai BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi, PT Telkom Indonesia (Persero)Ā Tbk (Telkom) menjadi satu dari sekian banyak pelaku bisnis ICT yang diharuskan untuk beradaptasi di tengah disrupsi pandemiĀ ini. Setelah mencanangkan diri untuk bertransformasi menjadi perusahaanĀ telekomunikasi digital (digital Ā telco)Ā sejak tahun lalu, adanyaĀ pandemi Covid-19 memberikan ruang akselerasi digital, sehingga mengharuskan perusahaan untuk mempercepat upaya transformasi tersebut.

Ā 

Peluang ini tentunya ditangkap Telkom sebagai sebuah momentum, tidak hanyaĀ untuk bertahan memberikan kinerja yang cemerlang tapi juga untuk melahirkan inovasi melalui produk dan layanan digital untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat yang turut mengalami pergeseran.Ā PandemiĀ secara tidak langsungĀ mengubah gaya hidup dan kebutuhan, hingga mengakselerasi adopsi digital masyarakat.

Ā 

Di Indonesia sendiri contohnya, demi meminimalisasi penyebaran virus, Pemerintah menerapkan kebijakan PSBB sehingga kegiatan aktivitas belajar dan bekerja dilakukan dari rumah. Kondisi ini menyebabkan pergeseran kebutuhan masyarakat, internet menjadi kebutuhan yang sangat penting Ā saat ini. Ā 

Ā 

"Telkom melalui infrastruktur, platform, dan layanan digitalnya menangkap peluang Ā ini dan menjadi enabler untuk setiap aktivitas masyarakat di masa pandemi," ujar Direktur Keuangan Telkom, Heri Supriadi di Jakarta, Jumat (23/10).

Ā 

Hal iniĀ pulaĀ yang menjadikan DigitalĀ BusinessĀ TelkomselĀ dan Ā IndiHomeĀ menjadi mesin utama pertumbuhan pendapatan Perseroan pada semester pertama 2020, khususnya di masa pandemi Covid-19.Ā 
Ā 

IndiHomeĀ membukukan pendapatan sebesar Rp10,4 triliun atau tumbuh 19,1 perseĀ dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, bisnis digital Telkomsel tumbuh 13,5 persenĀ YoY menjadi Rp31,9 triliun dan menumbuhkan kontribusinya terhadap pendapatan sebesar 72,4 persen dari 62,2 persen tahun lalu.


Untuk Ā itu, Telkom secara kontinyu terus melakukan pembangunan infrastruktur yang dianggarkan dari belanja modal perusahaan (capital Ā expenditure), yang akan dimanfaatkan untuk penguatan seluruh lini bisnis, baik mobile related business,Ā fixed broadband, dan Ā bisnis Ā lainnya.

Ā 

Meski terjadi persaingan yang tinggi dan juga turunnya Ā bisnis legacy, Ā Layanan Ā Digital Ā Telkom Ā mampu tumbuh dan mengompensasi penurunan dari bisnis legacy, bahkan disebut menjadi penopang bisnis kinerja perusahaan.

Ā 

Transformasi Perusahaan dan Digitalisasi

Tidak Ā hanya membangun infrastruktur telekomunikasi darat, laut, dan udara hingga pelosokĀ Indonesia, Telkom kini tengah gencar bertransformasi menjadi digital Ā telcoĀ dengan Ā fokus pada Ā tiga Ā domain Ā bisnis digital, Ā yakni digital Ā connectivity, Ā digital Ā platform,Ā dan digital Ā services.

Ā 

Telkom secara konsisten terus mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digitalĀ cerdas, mengembangkan talenta digital unggulan, mendorong kemampuan digital, dan tingkat adopsi digital bangsa serta mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik.

Ā 

Untuk peningkatan digital capabilities dan pengembangan bisnis, Telkom secara cermat mengidentifikasi dan tepat memilih strateginya, dengan konsep Build (mengembangkan dari kompetensi internal), Borrow (partnership), BuyĀ (akuisisi)Ā dengan konsiderasiĀ value propositionĀ perusahaan. Ā 

Ā 

Telkom juga turut serta dalam mengembangkan ekosistem digital melalui sarana inkubasi sepertiĀ AmoebadanĀ Indigo serta mendukung investasi startup melalui MDI Ventures. Di Indonesia, digitalisasi menjadi hal yang sangat besar manfaatnya dalam mendukung beragam aktivitas.

Ā 

"Untuk itu, kami berupaya untuk hadir di setiap aspek kehidupan masyarakat dan mendukung kebutuhannya. Meski di tengah pandemi, dengan kerja keras dan semangat untuk terus berinovasi, kami berharap dapat terusĀ menjagaĀ momentumĀ perusahaan untuk memberikan yangĀ terbaik kepada masyarakatĀ dan negaraĀ melalui Ā kinerja Ā produk Ā dan layananĀ terbaik demi mendukung Ā digitalisasi Indonesia," tutup Heri Supriadi.


Editor: Kendi Setiawan
Ā