Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Ormas Keagamaan Diakui Turut Berperan dalam Penanganan Covid-19

Ormas Keagamaan Diakui Turut Berperan dalam Penanganan Covid-19
Seminar Peran Ormas Keagamaan dalam Penanggulangan Covid-19 mengungkap sejumlah bukti turut berperannya beberapa ormas seperti LAZISNU dan Lazismu dalam membantu masyarakat terdampak Covid-19
Seminar Peran Ormas Keagamaan dalam Penanggulangan Covid-19 mengungkap sejumlah bukti turut berperannya beberapa ormas seperti LAZISNU dan Lazismu dalam membantu masyarakat terdampak Covid-19

Yogyakarta, NU Online

Ormas-ormas keagamaan selalu turut berperan dalam penanganan Covid-19. Kuatnya peran ormas keagamaan tersebut mengingatkan perhatian masyarakat yang selama ini hanya tertuju kepada misalnya Kemenkes, Kemendikbud, dan Kementerian Ekonomi.

 

Hal itu terungkap dalam seminar nasional bertajuk Peran Ormas Keagamaan dalam Penanggulangan Covid-19. Seminar yang berlangsung Rabu (30/9) itu diadakan oleh Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Diklat dan Litbang Kemenag bekerja sama dengan Al Wasat Institute dan Wifa Komunika.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Achmad Sudrajat, salah satu narasumber pada seminar tersebut menegaskan dengan kondisi saat ini, peran ormas harus selalu diperkuat. "Utamanya dalam menghadapi bencana tak terduga seperti pandemi Covid-19," kata Sudrajat.

 

Ketua Lembaga Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah, Hilman Latief mengakui penanggulangan Covid-19 tak lepas dari peran masyarakat. "Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam penanggulangan pandemi Covid-19 dalam jangka panjang," katanya. Karena itu, menurut Hilman, pemerintah harus menggandeng seluruh elemen potensial masyarakat.

 

Sekretaris Umum Yayasan Budha Tzu Chi, Hong Tjhin menambahkan perlu adanya keteladanan dari tokoh-tokoh masyarakat dan agama dalam pencegahan penularan Covid-19.

 

Adapun Direktur Al-Wasat Institute, Faozan Amar dalam sambutannya mengatakan seminar tentang peran ormas keagamaan dalam penanggulangan Covid-19 itu sangat penting. Peran aktif organisasi kemasyarakatan dalam membantu penanganan pandemi karena sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat.

 

"Gotong royong dan membantu sesama merupakan warisan budaya luhur bangsa," jelas dia.

 

Sementara M Adlin Sila mewakili pemerintah mengaku bangga dengan bantuan dari ormas keagamaan seperti LAZISNU dan Lazismu yang tersalur kepada masyarakat. Berdasarkan riset yang ia lakukan, tokoh-tokoh ormas keagamaan mempunyai peran signifikan di tengah masyarakat dalam membimbing umat mereka selama masa pandemi Covid-19.

 

Pewarta: Kendi Setiawan

Editor: Muchlishon



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×