Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

PCINU Arab Saudi Inisiasi Silaturahim NU Se-Dunia Ke-20 pada Musim Haji 2022

PCINU Arab Saudi Inisiasi Silaturahim NU Se-Dunia Ke-20 pada Musim Haji 2022
PCINU Arab Saudi kembali menginisiasi silaturahim NU se-dunia ke-20 pada musim haji 2022.
PCINU Arab Saudi kembali menginisiasi silaturahim NU se-dunia ke-20 pada musim haji 2022.

Makkah, NU Online

Pada musim haji 2022, keluarga besar NU dari berbagai penjuru dunia kembali menggelar pertemuan di Kota Suci Makkah. Kegiatan tahunan yang diinisiasi Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Arab Saudi ini merupakan silaturahmi yang ke-20 kalinya. 


"Kami atas nama Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Arab Saudi mengimbau kepada segenap warga negara Indonesia dan jamaah haji 2022 yang berdomisili di Jeddah, Makkah, Riyadh, Madinah, Tho'if untuk turut menghadiri acara Silaturrahim & Temu  NU Se-Dunia ke-20," kata pengurus PCINU Arab Saudi, Abdul Malik, Rabu (29/6/2022). 


Kegiatan pada tahun ini akan digelar pada 7 Dzulhijjah 1443 H dan mengangkat tema Meningkatkan Peran Khidmah Organisasi Untuk Peradaban Dunia. Para ulama dan tokoh nasional Indonesia diagendakan hadir pada silaturahmi yang akan digelar di Hotel Arkan Bakkah 2, Aziziyah. Kegiatan akan berlangsung pada pukul 07.30-11.30 waktu Arab Saudi. 


Kegiatan silaturahim ini merupakan inisiatif Rais Syuriyah PCINU Arab Saudi pertama KH Mahfud Mas’ud dan Ketua Tanfidziyah pertama H Ahmad Fuad Abdul Wahab. 


Awalnya acara ini merupakan silaturahim antar PCINU dari berbagai negara yang sedang menunaikan ibadah haji. Namun dalam perkembangannya, dari tahun ke tahun, acara silaturahim ini selain dihadiri berbagai perwakilan PCINU juga dihadiri para pengurus PBNU, perwakilan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) seluruh Indonesia, juga para pejabat RI yang sedang melaksanakan ibadah haji.


Pertemuan ini bertujuan mempererat jalinan silaturahim serta saling tukar informasi dan koordinasi dengan supervisi PBNU untuk pemberdayaan NU ke depan di masing-masing wilayah sehingga akan bisa semakin menguatkan syiar Islam rahmatan lil alamin.


Acara spesial ini juga ditujukan untuk merajut dan memperkuat ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama anak bangsa) serta meningkatkan peran NU menjadi semakin optimal dalam menjaga persatuan bangsa. Bukan dalam lingkup Indonesia saja, tetapi dalam lingkup internasional dalam ikut membangun perdamaian dunia sebagaimana telah diakui oleh dunia Islam. 


Sebelum pandemi Covid-19 yang mengakibatkan tidak adanya jamaah haji Indonesia tahun 2020 dan 2021, kegiatan ini sudah digelar pada tahun 2019. Kala itu kegiatan diselenggarakan pada 7 Dzulhijjah 1440 H pukul 07.30 waktu Arab Saudi di Altayseer Towers Hotel No. 1002 Lantai PR  At-Taysir- Makkah Al Mukarramah. 


Di antara yang menjadi pembicara pada waktu itu adalah Dubes LBBP RI- Arab Saudi/OKI H Agus Maftuh Abegebriel, Menteri Agama RI H Lukman Hakim Saifuddin dan para kiai serta pengurus PBNU. Termasuk Gus Taj Yasin, putra KH Maimoen Zubair yang mengisahkan perjalanan Mbah Moen sampai wafat di Tanah Suci pada musim haji itu juga.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×