Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pemuda Didorong Aktif Berwirausaha

Pemuda Didorong Aktif Berwirausaha
Pemuda didorong terus bertumbuh menjadi wirausahawan muda baru karena pemuda memiliki peran yang sentral dalam pembangunan nasional.
Pemuda didorong terus bertumbuh menjadi wirausahawan muda baru karena pemuda memiliki peran yang sentral dalam pembangunan nasional.

Jakarta, NU Online
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali menyemangati para generasi muda Indonesia untuk terus memompa semangat dalam bidang kewirausahaan.

 

Pihaknya akan terus mendorong pemuda bertumbuh menjadi wirausahawan muda baru karena pemuda memiliki peran yang sentral dalam pembangunan nasional. Sejumlah upaya telah dikerahkan seperti dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan, serta pendampingan bagi para calon wirausahawan.


“Kami mendorong (generasi muda) untuk berminat di bidang kewirausahaan, karena pemerintah memfasilitasi itu sekaligus menjadi tolok ukur kemandirian dan kemajuan suatu bangsa,” ujar Zainudin Amali saat mengisi sambutan di acara puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021, disiarkan langsung di YouTube Kemenpora RI, Kamis (28/10/2021).


Zainudin menjelaskan, saat ini, pemuda mengisi seperempat populasi penduduk Indonesia. Segmen besar yang berisi sekitar 60 juta pemuda tersebut membopong harapan bangsa untuk menyongsong kemajuan di depan mata.


Momentum Sumpah Pemuda ini, sambungnya, merupakan perekat persatuan bangsa melawan pandemi serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda.


Di tengah pandemi yang masih melanda Indonesia, ia mengatakan, tantangan bagi para pemuda tentunya tidak semakin ringan. Komitemen bersatu dalam keragaman menjadi modal sosial dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan bangsa ke depan.


Dalam menghadapi persaingan global dan menyongsong masa depan gemilang, Zainudin juga mengatakan, pemuda hari ini haruslah sanggup untuk membuka pandangan seluas-luasnya. Pemuda harus memiliki karakter, kapasitas, serta kemampuan inovasi kreatif yang mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global.


Oleh karena itu, sambungnya, persatuan pemuda di masa sekarang ini adalah penentu kemajuan dan eksistensi bangsa Indonesia di masa yang akan datang.


Berbeda dengan segala keterbatasan pemuda di masa lalu, generasi muda saat ini jauh lebih terfasilitasi untuk terus menyebarkan pesan persatuan.


“Ada media komunikasi tanpa batas, koneksi, transportasi, dan fasilitas lain yang mengindikasikan tiada sekat jarak antara anak bangsa,” kata Zainudin.


“Bagi pemuda menjadi penting, karena di tangan pemudalah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 dan melangkah lebih maju untuk menggerakan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” pungkasnya.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×