Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pendaftaran MAN IC, MAN PK, dan MAKN Dibuka Mulai 10 Januari

Pendaftaran MAN IC, MAN PK, dan MAKN Dibuka Mulai 10 Januari
MAN IC Serpong. (Foto: Kemenag)
MAN IC Serpong. (Foto: Kemenag)

Jakarta, NU Online
Kementerian Agama membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) tahun pelajaran 2022/2023 untuk MAN Insan Cendekia (IC), MAN Program Keagamaan (PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).


Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi mengatakan bahwa SNPDB dibuka dalam dua jalur, tes dan prestasi atau non tes dengan kuota terbatas. Pendaftaran jalur tes dibuka dari 10 Januari – 14 Februari 2022. Pendaftaran jalur prestasi dibuka dari 10 Januari – 7 Februari 2022.


Dalam proses pendaftaran MAN IC, setiap calon siswa hanya dapat memilih maksimal 2 lokasi MAN IC saja. Calon siswa diminta untuk cermat dalam menentukan pilihan, khususnya pada pilihan madrasah dengan persaingan ketat karena jumlah pendaftar yang sangat banyak. Setiap calon siswa harus menentukan jurusan dari saat pendaftaran.


“Saat ini terdapat 23 MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia. Dari 23 MAN IC, total daya tampung siswa yang bisa diterima berjumlah 2.460, putra dan putri,” terang Isom dikutip dari laman Kemenag, Senin (10/1/2022).


“Terbanyak MAN IC Gorontalo, menerima 144 siswa, disusul MAN IC Serpong yang akan menerima 140 siswa. 10 MAN IC menerima 120 siswa, yaitu: MAN IC Jambi, Aceh Timur, OKI Sumsel, Paser Kaltim, Padang Pariaman, Kota Batam, Bengkulu Tengah, Kota Kendari, Kota Palu, dan Sorong. Sebagian lainnya menerima 96 siswa, 80 siswa, dan 72 siswa,” sambungnya.


Sementara untuk MAN PK lanjut Ishom, saat ini terdapat 10 MAN PK yang akan menerima 500 siswa. Rata-rata menerima 48 siswa, kecuali MAN 1 Surakarta menerima 68 siswa. “Untuk siswa baru MAN PK akan mendapat beasiswa sampai lulus, sehingga orang tua tidak lagi memikirkan biaya hidup di asrama,” lanjutnya.


Selain tes umum, akademik dan potensi akademik, setiap calon siswa MAN PK juga harus mengikuti tes wawancara, baca kitab kuning, dan tes lisan bahasa Arab-Inggris. Setiap calon peserta juga hanya dapat memilih satu pilihan MAN PK.


Untuk pendaftaran Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) para pendaftar harus melewati seleksi untuk 192 siswa yang sudah ditentukan. Saat ini hanya ada dua MAKN yang sudah didirikan oleh Kementerian Agama sejak 2017 yakni MAKN di Ende Nusa Tenggara Timur dan Bolaang Mongondow Sulawesi Utara.


“Masing-masing MAKN akan menerima 96 siswa, sehingga totalnya ada 192 kuota,” jelas Isom.

Pendaftaran MANIC, MAN PK dan MAKN ini dilakukan secara daring atau online melalui laman https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id. Untuk lebih jelasnya tentang pendaftaran, bisa diakses di sini: Juknis SNPDB MAN IC, MAN PK, dan MAKN Tahun Pelajaran 2022-2023


Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×