Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pengurus PP IPNU Mendatang Harus Benahi Kaderisasi

Pengurus PP IPNU Mendatang Harus Benahi Kaderisasi
Foto: Logo IPNU
Foto: Logo IPNU

Cirebon, NU Online
Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) periode 2018-2021 mendatang memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang perlu dibenahi, di antaranya tentang sistem kaderisasi.

PW IPNU Jawa Timur telah melakukan kajian secara mendalam di antaranya melalui survei  Student Research Center (SRC) PW IPNU Jawa Timur pada 2018 terhadap PW IPNU se-Indonesia tentang layanan dan kinerja PP IPNU.

“Datanya sudah ada. Yang jelas kaderisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (yang lebih baik) perlu dibenahi,” kata Ketua PW IPNU Jawa Timur Chirul Mubtadiin kepada NU Online, di Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Jawa Barat, Ahad (23/12).

Menurutnya, data survei yang telah dikumpulkan harus menjadi bahan evaluasi kepengurusan PP IPNU tiga tahun ke depan dalam menangani sistem kaderisasi dengan cara bottom up (bawah ke atas), sehingga bisa dilaksanakan dengan menyeluruh.

“Sistem yang harus dibangun (dengan cara) buttom up dan bukan top down (atas ke bawah). Nanti caranya dari bawah dan bisa dilaksanakan dengan menyeluruh,” ucapnya.

Pria yang kerap disapa Di’in ini menyebut bahwa ruh IPNU ada pada kaderisasi, sehingga persoalan tersebut sudah selayaknya menjadi prioritas.

"Ini harus dikawal. Periode kemarin kami diskusi, perlu adanya kaderisasi yang intens, matang, dan aturan yang jelas,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa IPNU-IPPNU sedang menggelar kongres di Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan tiga tahunan ini diselenggarakan pada 21-24 Desember 2018. (Husni Sahal/Muhammad Faizin)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×