Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pertamina Percepat Layanan Penunjang Bisnis Secara Otomatis dan Digital

Pertamina Percepat Layanan Penunjang Bisnis Secara Otomatis dan Digital
Gedung Pertamina di Jakarta (Foto: Humas Pertamina)
Gedung Pertamina di Jakarta (Foto: Humas Pertamina)

Jakarta, NU Online

Transformasi digital menjadi kunci sukses Pertamina untuk terus bersaing di kancah global. Sejalan dengan visi menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia, Pertamina telah membangun sistem operasional digital yang dikenal dengan Shared Services (SS). SS Pertamina merupakan salah satu SS yang terbesar di Indonesia, sejak dibangun pada tahun 2018 hingga saat ini telah memiliki 49 layanan dan telah implementasi di lebih dari 50 entitas bisnis.


Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi mengatakan SS merupakan fungsi yang memusatkan operasionalnya terhadap layanan yang bersifat transaksional, repetitif, dan bervolume tinggi. SS didesain dengan menerapkan konsep sentralisasi, standardisasi, simplifikasi dengan backbone digital serta sistem robotik untuk menghasilkan data yang bernilai tinggi, efisien serta menghasilkan layanan customer yang berkualitas.


"Sehingga akan memudahkan Pertamina mempercepat proses bisnis, pengambilan keputusan serta memberikan ruang pada bisnis utama untuk dapat lebih fokus pada hal yang lebih strategis dan ruang luas untuk perbaikan berkelanjutan dan inovasi," kata Dedi, Sabtu (23/7/2022).


Menurut Dedi, dampak positif SS telah berhasil mendorong Pertamina meningkatkan percepatan waktu. Salah satunya di bidang service asset management, pemrosesan billing utilities. Jika sebelumnya dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu tujuh hari kerja, dengan digitalisasi menjadi satu hari (automatic same day). Dengan kata lain terjadi percepatan hingga 700 persen.  


"SS Pertamina telah mendorong kinerja perusahaan di semua lini menjadi lebih cepat, lebih produktif dan lebih efisien," ujar Dedi.


Dedi menambahkan, SS Pertamina telah dijalankan di holding, dan enam subholding baik di bidang Finance, Human Capital, ICT, Procurement, Asset Management maupun Master Data Operations. 


Dengan total lebih dari 147.000 stakeholder pertamina yang terdiri dari para pelanggan eksternal, vendor serta para pekerja Pertamina, SS telah melakukan rangkaian acara Road to SS Forum Pertamina 2022. Puncak acara diadakan pada hari Senin (25/7/2022) sebagai bentuk apresiasi Perusahaan kepada seluruh stakeholder yang turut mendukung dan membesarkan SS.


"Pertamina akan terus meningkatkan layanan digital di seluruh lini bisnis untuk mendorong ketahanan energi nasional dan mewujudkan aspirasi pemegang saham sebagai top 100 perusahaan dunia Global Fortune 500 dengan valuasi US$100 miliar," pungkas Dedi.


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×