Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Pertamina Undang Milenial Atasi Isu Sosial dan Lingkungan melalui PFmuda

Pertamina Undang Milenial Atasi Isu Sosial dan Lingkungan melalui PFmuda
Kehadiran PFmuda menjadi penting di tengah dampak pandemi dan perubahan iklim terhadap kesejahteraan masyarakat. (Foto: Humas Pertamina)
Kehadiran PFmuda menjadi penting di tengah dampak pandemi dan perubahan iklim terhadap kesejahteraan masyarakat. (Foto: Humas Pertamina)

Jakarta, NU Online

Program penuntasan isu lingkungan dan sosial PFmuda kembali hadir memberikan ruang bagi para anak muda. Peluncuran PFmuda 2022 dibuka oleh sambutan dan dukungan dari Syahrial Mukhtar selaku Ketua Dewan Pengawas Pertamina Foundation.

 
"CSR PT Pertamina (Persero) melalui PFmuda memberikan berbagai macam pelatihan, capacity building, mentoring, dan yang terbaik akan diberikan stimulan dana proyek. Paket tersebut akan membantu membangun kompetensi generasi muda menjadi terampil, percaya diri, dan bersemangat dalam menuntaskan isu sosial dan lingkungan di masyarakat," ungkap Syahrial, Rabu (30/3/2022).


 
Kehadiran PFmuda menjadi penting di tengah dampak pandemi dan perubahan iklim terhadap kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kesadaran secara menyeluruh, khususnya generasi muda untuk menjadi problem solver.


 
Founder Benihbaik.com Andy F. Noya, berpesan kepada generasi muda agar bisa berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui PFmuda.
 

"Kalau kita lihat di kalangan anak muda sekarang banyak sekali konten yang menunjukkan gaya hidup mewah, anak sultan-lah, atau crazy rich di tengah kondisi masyarakat yang berjuang keluar dari tekanan ekonomi. Di sinilah ajang PFmuda menjadi penting untuk mengubah mindset bahwa sukses itu bukan dari harta melainkan impact pada masyarakat dan lingkungan," ungkap Andy.
 


Program PFmuda tahun ini hadir lebih segar dengan tema Kreativitas Anak Muda dalam Menuntaskan Isu Sosial dan Lingkungan. Pendaftaran dibuka 1-30 April 2022.

 
Adapun syarat dan ketentuan bagi pendaftar, antara lain:
 
1. Diikuti secara berkelompok dengan rentang usia 18-35 tahun
2. Memiliki proposal gagasan proyek untuk menuntaskan isu-isu sosial dan lingkungan
3. Memiliki pengalaman menjalankan proyek sosial atau pernah melakukan aksi sosial
4. Aktif dalam organisasi, komunitas atau kegiatan sosial.
 


Selanjutnya, ketentuan terkait proposal proyek yang diajukan adalah
 
1. Karya harus orisinil dan tidak mengandung unsur sara, kekerasan dan pornografi atau berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat
2. Penulisan atau penyusunan proposal sesuai format dari PFmuda
3. Proposal/ usulan yang diajukan belum pernah menang dalam lomba sejenis dan tidak sedang disertakan lomba lainnya.


 
Beragam isu bisa diusung oleh pendaftar dalam proyeknya, mulai dari isu lingkungan termasuk energi, climate change, kerusakan sumber daya hayati sampai dengan teknologi tepat guna juga dapat diangkat. Selain itu, isu lainnya yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat juga dapat diusung.
 


Kehadiran PFmuda disambut baik oleh Maudy Ayunda selaku Ambassador PFmuda. Maudy memberikan dorongan kepada generasi muda untuk memanfaatkan PFmuda sebagai wadah pengembangan diri.
 


"Aku melihat potensi anak-anak muda dengan ide yang sangat cemerlang untuk komunitasnya di program PFmuda ini. Aku yakin akan banyak dari kalian yang antusias mendaftar tahun ini. Aku ucapkan semangat untuk kalian dalam mendatangkan ide-ide yang bagus untuk komunitas yang ada di sekitar kalian, selamat berkontribusi untuk negeri melalui PFmuda," ujar Maudy.
 
 

PFmuda hadir memberikan banyak manfaat, mulai dari stimulan dana proyek, peningkatan kapasitas, mentoring proyek, dan jejaring dengan dunia usaha untuk keberlanjutan proyek sosialnya.
 

Tahun ini, PFmuda ditargetkan dapat diikuti lebih banyak pendaftar dari tahun sebelumnya yang mencapai 3.335 orang dengan representasi generasi muda dari berbagai wilayah Indonesia. Dua tahun berjalan, PFmuda telah melahirkan 68 young leaders.
 

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari, menyampaikan antusiasme dan dukungannya atas pelaksanaan PFmuda 2022 ini.

 

"Bagi saya, PFmuda adalah masterpiece yang dibutuhkan untuk negeri ini. Jadi tunggu apalagi, buat kalian yang ingin berkontribusi bagi negeri dan bumi, inilah saatnya. PFmuda siap memberikan challenge pada generasi muda sekaligus mengembangkan proyek sosial. Tahun ini, kami akan menjaring lebih banyak young leaders dan memberikan lebih banyak stimulan dana," tutup Agus.
 


Informasi selengkapnya terkait pendaftaran PFmuda bisa diakses di laman www.pertaminafoundation.org dan media sosial Pertamina Foundation.

 

Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×