Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Sejumlah Duta Besar Negara Sahabat Sampaikan Ucapan Harlah Ke-95 NU

Sejumlah Duta Besar Negara Sahabat Sampaikan Ucapan Harlah Ke-95 NU
Logo Harlah ke-95 NU.
Logo Harlah ke-95 NU.

Jakarta, NU Online

Nahdlatul Ulama, pada 31 Januari 2021, tepat berusia 95 tahun. Berbagai kalangan memberikan ucapan selamat, testimoni, dan harapan agar NU terus berperan aktif dalam berbagai hal. Terutama pada isu-isu toleransi, perdamaian, dan kerakyatan. Para duta besar (dubes) dari negara sahabat pun mengucapkan selamat untuk Hari Lahir ke-95 NU.


“Selamat untuk Ketua Umum PBNU (KH Said Aqil Siroj), seluruh pengurus PBNU, dan seluruh anggota NU, di Indonesia. NU dapat berbangga karena kaya akan sejarah, sebagai promotor moderatisme, cinta kasih, dan toleransi,” ungkap Dubes Uni Eropa Vincent Piket, dalam Peringatan Harlah ke-95 NU secara virtual, Sabtu (30/1) lalu.


Ia menambahkan, selama ini NU selalu bekerja untuk mendukung pluralitas dan membangun masyarakat yang inklusif. Khususnya diejawantahkan melalui kepedulian terhadap demokrasi, Hak Asasi Manusia (HAM), dan penerimaan kelompok minoritas.


“NU memang membanggakan dalam hal kerja-kerja sosial meliputi pendidikan, kesehatan, dan menyuarakan keadilan untuk orang-orang kelompok rentan,” tegas Vincent.


Bersama NU, ia mengatakan bahwa Uni Eropa telah menandatangani kerja sama pada 2011 lalu di berbagai bidang. Di antaranya adalah agrikultur, pendidikan, lingkungan, perubahan iklim, kehutanan, penjagaan terhadap kelompok minoritas, dan hubungan antariman. “Itu semua merupakan topik penting,” tuturnya.


Tak ketinggalan, Dubes Prancis untuk Indonesia Oliver Chambard juga menyampaikan hal senada. Ia mengatakan, NU selalu berjuang untuk menjaga nilai-nilai luhur dari masa ke masa dengan tetap memegang teguh prinsip persaudaraan.


“Pada 95 tahun lalu, NU didirikan di Surabaya membentuk Komite Hijaz berangkat ke Arab Saudi untuk membela keberagaman dalam Islam. Sejak itu, NU tetap berjuang menjaga nilai-nilai luhur itu dari masa ke masa, dengan tetap memegang teguh prinsip persaudaraan, toleransi, dan kebersamaan yang terkandung dalam NU,” kata Oliver.


“Atas nama Prancis, saya mengucapkan hari lahir yang ke-95 kepada NU. Semoga semakin kuat membawa pesan perdamaian di Nusantara, dunia, dan alam semesta,” sambungnya.


Kemudian Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, yang baru bertugas sejak 15 Januari 2021 juga mengucapkan selamat kepada NU yang telah berusia 95 tahun. Ia mengaku akan bekerja dalam menjaga hubungan baik dengan Islam Indonesia.


“Saya ingin bekerja untuk terus menjaga dan meningkatkan hubungan baik persahabatan Jepang dengan Islam di Indonesia. Mari wujudkan masyarakat yang toleran, dan damai,” katanya.


Terakhir, Dubes Republik Korea Park Taesung mengucapkan selamat Harlah ke-95 NU. Ia menegaskan, tahun-tahun penuh tantangan pada 2020 lalu telah dilewati karena Covid-19. Kepada NU, ia pun berharap agar damai dan bahagia senantiasa menyertai di sepanjang tahun ini.


“Korea Selatan sebagai mitra strategis khusus dan sahabat layaknya saudara kandung bagi Indonesia, akan terus bersolidaritas dan bekerja sama dengan Indonesia untuk mengatasi pandemi Covid-19. Sekali lagi saya mengucapkan selamat, semoga rahmat Tuhan terus tercurah untuk kita semua,” pungkasnya.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×