Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Silatnas Aswaja NU Center Sepakati Pengusulan menjadi Lembaga

Silatnas Aswaja NU Center Sepakati Pengusulan menjadi Lembaga
Sejumlah peserta silaturahmi nasional Aswaja NU Center di Pesantren Asshiddiqiyah II, Batuceper, Tangerang. (Foto: NU Online/istimewa)
Sejumlah peserta silaturahmi nasional Aswaja NU Center di Pesantren Asshiddiqiyah II, Batuceper, Tangerang. (Foto: NU Online/istimewa)
Tangerang, NU Online 
Ikhtiar untuk semakin menguatkan keberadaan Aswaja NU Center di berbagai lapisan terus dilakukan. Hal tersebut sebagai keterpanggilan atas tantangan yang dihadapi NU dari waktu ke waktu.
 
Karenanya, Aswaja NU Center Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Silaturahmi Nasiona (Silatnas) di Pesantren Asshiddiqiyah II, Batuceper, Tangerang, Banten, Kamis (12/3).
 
Silatnas yang dihadiri perwakilan Aswaja NU Center se-Indonesia ini menyepakati beberapa poin utama. 
 
"Seluruh pengurus Aswaja NU Center sepakat untuk membakukan nama Aswaja NU Center, menjadi Aswaja NU Center PBNU,  Aswaja NU Center PWNU, Aswaja NU Center PCNU, dan seterusnya sesuai tingkatannya," kata MZ Muhaimin kepada NU Online.
 
Selain pembakuan nama lembaga, Silatnas yang juga dihadiri Pengasuh Pesantren Asshiddiqiyah II Batuceper, KH Ulil Abshar al-Hafizh ini juga menyepakati sejumlah hal.
 
“Pertama, menyepakati bahwa bentuk Aswaja NU Center yang diusulkan ke Munas dan Muktamar NU adalah menjadi lembaga resmi di PBNU,” kata seorang peserta Silatnas yang juga Sekretaris Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur tersebut.
 
Kedua, menyepakati untuk mengawal pelembagaan Aswaja NU Center melalui Munas dan Muktamar NU, dan langkah-langkah keorganisasian lainnya, untuk menyukseskan tujuan tersebut.
 
“Yang ketiga, menyepakati evaluasi hasil Munas terkait pelembagaan Aswaja NU Center pada Silatnas yang diadakan pada 3 hingga 5 Juli 2020 di Jawa Timur,” terangnya.
 
Beberapa hasil Silatnas tersebut dituangkan dalam berita acara untuk diajukan kepada Komisi Organisasi Munas dan Muktamar serta pihak terkait lainnya. Dengan demikian, diharapkan ada perhatian lebih terhadap pelaksanaan dan hasil kegiatan.
 
"Pada kesempatan itu, Aswaja NU Center PWNU Jatim menyosialisasikan diadakannya silaturahim dan daurah nasional di Pesantren Nurul Qodim, Probolinggo pada 3 hingga 5 Juli 2020,"  jelas Ketua Panitia Silaturahmi dan Daurah Nasional Aswaja di Jatim, Ustadz Faris Khoirul Anam. 
 
Dalam pandangannya, acara yang digelar tersebut akan lebih mengerucut kepada penguatan kelembagaan berdasarkan masukan dari berbagai kalangan.
"Silatnas di Jatim tersebut fokus pada penguatan kelembagaan Aswaja NU Center dan keilmuan keaswajaan," ungkap Wakil Ketua Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur tersebut.
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Syamsul Arifin


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×