Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Syukuran Ultah Ke-60, Ketum ISNU Luncurkan 'Oase Sufi'

Syukuran Ultah Ke-60, Ketum ISNU Luncurkan 'Oase Sufi'
Ketum PP ISNU Ali Masykur Musa (Cak Ali) saat peluncuran buku Oase Sufi. (Foto: Istimewa)
Ketum PP ISNU Ali Masykur Musa (Cak Ali) saat peluncuran buku Oase Sufi. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PP ISNU) Ali Masykur Musa mengatakan, adalah sunnatullah jika usia manusia secara angka bertambah. Namun, secara substansi sesungguhnya berkurang sesuai qadha qadar Allah swt.


Begitu juga dengan usia Ali Masykur Musa yang hari ini, Senin 12 September 2022, genap 60 tahun. Pria asal Tulungagung, Jawa Timur, ini lahir pada 12 September 1962. Sebagai manifestasi rasa syukur kepada Allah swt, Cak Ali, sapaan akrabnya, meluncurkan buah pemikirannya dalam bentuk buku berjudul Oase Sufi.


Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Tahun 2009-2014 ini memang cukup produktif menulis buku. Dalam catatannya, buku Oase Sufi merupakan buku ke-17 dengan membahas tasawuf di alam modern.


"Buku Oase Sufi membahas bahwa laku tasawuf di alam modern tidak harus meninggalkan dunia dan profesi-profesi kehidupan. Bahkan, jika sesorang profesional menjalani laku sufi justru akan lebih tenang dan tentram," kata Cak Ali kepada NU Online, Senin (12/9/2022).


"Dengan memperbanyak zikrullah, seseorang hatinya lebih tenang. Mari kita tingkatkan zikir," ajak Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Jakarta ini.


Cak Ali yang juga Komisaris Utama PT Pelni ini menuturkan bahwa isi buku tersebut memberikan pemahaman akan pentingnya esensi akhlak kita kepada Sang Pencipta dan ciptaan Sang Pencipta.


Ia menambahkan, buku Oase Sufi menuntun para pembaca untuk lebih dekat kepada Allah swt dan Rasulullah Muhammad saw, lewat wasilah bimbingan para mursyid tarekat yang prinsipnya setiap hamba Allah harus selalu zikrullah di setiap helaan nafas.


"Buku ini bisa dijadikan oase di tengah kemarau dan kegersangan kehidupan yang terus mengalami degradasi nilai spiritualitas," ungkap mantan Anggota DPR RI ini.


Dalam peluncuran buku tersebut, turut hadir para tamu undangan sejumlah 200 orang dari berbagai komponen. Antara lain anggota DPR RI, elemen pemerintah, Direksi dan Keluarga Besar  PT Pelni (Persero), ISNU, PB dan IKA PMII, para santri tarekat, Keluarga Alumni Universitas Jember, dan masyarakat.


Pewarta: Musthofa Asrori
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×