Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Terbaik di Brebes, MA Al Hikmah 2 Masuk Daftar Top 1.000 Sekolah 2022

Terbaik di Brebes, MA Al Hikmah 2 Masuk Daftar Top 1.000 Sekolah 2022
Madrasah Aliyah (MA) Al Hikmah 2 Brebes. (Foto: Istimewa)
Madrasah Aliyah (MA) Al Hikmah 2 Brebes. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Madrasah Aliyah (MA) Al Hikmah 2 Brebes masuk dalam daftar 1.000 sekolah terbaik tahun 2022 yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).


Perangkingan dalam rilis yang diakses NU Online tersebut didasarkan pada perolehan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di seluruh Indonesia yang diikuti oleh 23.657 sekolah dan 745.115 peserta tahun 2022.


Dalam daftar tersebut, muncul dua sekolah asal Kabupaten Brebes yang masuk dalam daftar 1.000 top sekolah 2022 itu, salah satunya MA Al Hikmah 2.


Dalam rilis tersebut juga, MA Al Hikmah 2 (Malhikdua) merupakan sekolah yang menduduki peringkat pertama dalam list Top 1.000 dari Kabupaten Brebes. MA Al Hikmah 2 meraih peringkat nasional ke-822 dengan perolehan nilai UTBK tahun 2022 sebesar 518.565. Menyusul setelahnya, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bumiayu, Brebes yang berada di peringkat ke-954.


Dalam bidang agama, Madrasah Aliyah Al Hikmah 2 memiliki kegiatan pengajian kitab kuning (Fathul Qarib) yang kemampuan siswanya diukur dengan munaqasah di depan majlis penguji (ustadz dan kiai).


Sekolah yang berlokasi Desa Benda, Kecamatan Sirampog itu diketahui memiliki beberapa program besutan terkait pengembangan keterampilan. Program tersebut guna mewadahi minat siswa di sejumlah bidang melalui pendidikan vokasi di antaranya, tata busana, pengelasan, perikanan, bahasa inggris, desain komunikasi visual, dan teknik komputer jaringan.


Di tahun 2022, Malhikdua telah menyabet sejumlah prestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Adapun prestasi-prestasi tersebut antara lain, Juara I lomba Debat Bahasa Arab dan Juara 1 lomba Taqdimul Qishoh pada Gebyar Apresiasi Khazanah Araby (GAZA) PBA UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang; Juara 3 Kategori Tim Putra dan Juara Harapan Kategori Tim Putri pada Kalijaga Physics Quiz Competition UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta; dan Juara Juara II lomba Taqdimul Qishoh pada ajang Festival Kebudayaan Arab tingkat nasional oleh Prodi Sastra Arab Universitas Gadjah Mada (UGM)


Tak hanya itu, Malhikdua berhasil meraih Juara I Olimpiade Kimia tingkat nasional yang digelar UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta; Juara Harapan I Olimpiade Biologi tingkat nasional yang digelar Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta; dan Juara I lomba Fisika pada Pekan Raya Ilmiah tingkat nasional oleh HMPS Tadris Fisika UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.


Selain itu, Malhikdua juga sukses menjadi Juara II dan Juara Harapan II tingkat nasional pada Kompetisi MIPA Soedirman, Unsoed, Purwokerto; Juara III Olimpiade Matematika pada ajang Mathlicious oleh HMPS Tadris Matematika IAIN Kudus; Juara Harapan II Lomba Hadroh Nurul Asatidz Jawa Tengah (Najwa-Fest) UPGRIS Semarang 2022 Tingkat Provinsi.


Tak kalah membanggakan, belum lama ini  MA Al Hikmah 2 juga menyabet Juara I pada ajang Musabaqah Syarh Qawaid Fiqhiyyah Tingkat Nasional yang diadakan oleh Rabithah Ma'ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×