Nasional ADVERTORIAL

UMKM Unggulan Pertamina Ikuti Pameran Interior dan CRAFT 2023

Ahad, 9 April 2023 | 11:45 WIB

UMKM Unggulan Pertamina Ikuti Pameran Interior dan CRAFT 2023

Pengunjung melihat produk dari salah satu Mitra Binaan UMKM Pertamina pada pameran ICRAFT 2023 di JCC Senayan Rabu (5/4/2023). (Foto: Humas Pertamina)

Jakarta, NU Online
Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengatakan UMKM dituntut untuk melakukan inovasi produk serta mengimbangi pemasaran konvensional dengan pemasaran secara online. UMKM juga perlu terus mengikuti perkembangan era digital ini karena branding dan pemasaran secara online menjadi hal yang sangat krusial.


Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk terus berkembang, salah satunya melalui pemanfaatan sosial media.


"Selain biaya yang murah dan tidak harus memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial secara langsung dianggap mampu untuk meraih konsumen secara luas," ujar Fadjar.


Fadjar menambahkan, Pertamina juga memiliki marketplace smexpo.pertamina.com sebagai wadah pemasaran digital produk mitra binaannya yang bisa diakses secara umum. Bahkan selama bulan Ramadan ini untuk meningkatkan penjualan, marketplace tersebut juga menyediakan berbagai promosi dari gratis ongkos kirim, diskon harga, flash sale serta voucher potongan harga.


Salah satu UMKM binaan Pertamina Batik Muria mengatakan kesempatan tampil di ICRAFT yang bertepatan dengan bulan Ramadhan, menjadi penyemangat untuk mempromosikan produk batik tulis khas Kudus, sebagai karya seni tradisional yang juga menyampaikan pesan-pesan sejarah Islam.


"Beberapa motif batik unggulan kami yakni batik bercerita, seperti kisah penyebaran agama Islam oleh para Sunan, Masjid Menara Kudus, Motif Bulusan yang mengisahkan teguran Sunan Muria kepada sekelompok petani yang masih bercocok tanam saat waktu salat magrib tiba," jelas Dimas Andre Santoso, pemilik Muria Batik.


Selain batik, pengunjung juga dapat mengunjungi berbagai produk UMKM binaan Pertamina lainnya, seperti Kraton Leather yang memamerkan aneka produk kerajinan kulit yang dibuat sendiri (homemade), di mana konsumen dapat mendesain produk dengan model yang mereka inginkan (custom). Haluan Bali, UMKM asal Badung yang menghasilkan produk fashion digital printing yang unik dan fashionable. Faiza Bordir dengan produk unggulan kain bordir dan home decor khas Pasuruan.


UMKM asal Pulau Dewata Bali kali ini diwakili oleh Rumah BUMN Klungkung, di mana produk-produk yang berasal dari 6 UMKM terbaik asal Klungkung turut unjuk gigi dengan menyajikan berbagai produk di antaranya aromatherapy milik Bali Ayu, kerajinan goni dari Uwais Craft, kain tenun endek dari Pertenunan Astini, pounch endek dari Kemala Handmade, serta UMKM Kipas Lukis dan Sripala yang menghadirkan aneka produk fashion.


Kemudian Rumah BUMN Palangkaraya hadir dengan produk aksesoris berbahan baku batu alam dari UMKM Omah Mus dan Rina Saderi Jewelry, serta kerajinan rotan milik Indang Apang Galeri.


Fadjar menegaskan, kegiatan pameran seperti ini merupakan bentuk dukungan dari Pertamina dalam pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yang juga menjadi bagian dari Environmental, Social and Governance (ESG). Ke depannya, Pertamina akan semakin aktif untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM agar semakin menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia.


"Setelah mengikuti pameran, diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pasar produk-produk karya anak bangsa, terlebih kriya yang merupakan produk UMKM yang tergolong memiliki potensi bisnis yang sangat positif, baik di dalam maupun luar negeri," pungkas Fadjar.​​​​​​​


Editor: Kendi Setiawan
​​​​​.