Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Innalillahi, Syamsul Hadi Sosiolog Pesantren dan Dosen Unusia Wafat

Innalillahi, Syamsul Hadi Sosiolog Pesantren dan Dosen Unusia Wafat
Innalillahi, Syamsul Hadi Sosiolog Pesantren dan Dosen Unusia wafat pada Selasa (1/11/2022). (Foto: Unusia).
Innalillahi, Syamsul Hadi Sosiolog Pesantren dan Dosen Unusia wafat pada Selasa (1/11/2022). (Foto: Unusia).

Jakarta, NU Online
Civitas akademika Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) kehilangan salah seorang dosennya, Dr Syamsul Hadi. Pribadi dengan keseharian yang menyenangkan dan mudah bergaul dengan dosen-dosen lainnya itu meninggal pada Selasa (1/11/2022) sekitar pukul 12.00 WIB di RSUD Kartini Jepara, Jawa Tengah.

 

Sosok meyenangkan dan pandai bergaul diungkapkan oleh Rektor Unusia, Juri Ardiantoro. Selain pribadi yang menyenangkan, dia juga mengungkapkan bahwa almarhum Syamsul Hadi merupakan salah satu dosen senior yang militan dan mempunyai komitmen dan kesabaran yang tinggi dalam mengajar.

 

“Keluarga besar Unusia berterima kasih atas dedikasinya ikut membesarkan Unusia seraya mendoakan semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah swt dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran,” ujar Juri Ardiantoro, Selasa (1/11/2022).

 

Sementara itu, Wakil Rektor Unusia bidang kerja sama dan hubungan internasional, Syahrizal Syarif memberikan kesaksian bahwa almarhum Syamsul Hadi merupakan sosok yang sederhana dan prihatin.

 

“Beliau pribadi yang serius dalam berilmu, meneliti, menulis, dan mengajar. Almarhum juga pribadi yang hidup prihatin dengan meninggalkan keluarga demi masa depan yang lebih baik,” ujar Syahrizal.

 

Senada, Wakil Rektor bidang kemahasiswaan, alumni, dan hubungan masyarakat, Fariz Alnizar menjelaskan bahwa almarhum Syamsul Hadi merupakan sosok akademisi dan ilmuwan yang tekun.

 

“Pak Syamsul adalah ilmuwan dengan spesifikasi keilmuan yang sulit dicari penggantinya, yakni Sosiologi Pesantren. Keluarga besar NU, khususnya Unusia sangat kehilangan,” ungkap Fariz.

 

Almarhum Syamsul Hadi merupakan kader pesantren yang mempunyai minat pada bidang sosiologi dan mengajar di Fakultas Islam Nusantara Unusia. Ia mengambil master di bidang Sosiologi Pedesaan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia berhasil menyelesaikan studi doktornya di IPB University Bogor.

 

Almarhum Syamsul Hadi akan dimakamkan Selasa (1/11/2022) sore pukul 16.45 WIB di kompleks pemakaman Desa Pecangaan Wetan, Kecamatan Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah. Syamsul Hadi merupakan menantu dari Kiai Munasir, Rais Syuriyah Pengurus Ranting NU Pecangaan Wetan.

 

Pewarta: Fathoni Ahmad
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Obituari Lainnya

Terpopuler Obituari

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×